Ke Prancis Pangeran MBS Tinggal di Chateau Termahal, Dibeli Diam-diam

Chateu peninggalan Louis XIV tempat tinggal termahal di dunia berada di Prancis
Sumber :
  • NDTV

VIVA Dunia – Selama perjalanannya ke Prancis termasuk bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, Putra Mahkota Arab Saudi Mohammad bin Salman (MBS) diketahui menginap di château yakni sebuah puri atau kastil mewah warisan bangsawan kerajaan. Chateu itu dijuluki rumah termahal di dunia ketika MBS membelinya pada tahun 2015.

Alasan Citroen Masih Enggan Pasarkan Mobil Hybrid di Indonesia

Château Louis XIV di Louveciennes di luar Paris adalah rumah baru yang dibangun untuk meniru kemewahan Istana Versailles di dekatnya yang pernah menjadi tempat tinggal keluarga kerajaan Prancis.

Properti seluas 7.000 meter persegi dibeli oleh pembeli yang dirahasiakan pada tahun 2015 seharga US$300 juta atau setara dengan Rp4,479 triliun pada saat itu,dan membuat majalah Fortune menyebutnya rumah termahal di dunia.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Putra Mahkota Saudi Mohammad bin Salman alias MBS

Photo :
  • Bandar Aljaloud/Saudi Royal Palace via AP, File

Melansir dari NDTV, Jumat, 29 Juli 2022, MBS dilaporkan dua tahun kemudian oleh NYT sebagai pemilik terakhir chateau itu melalui serangkaian perusahaan cangkang.

Islamofobia di Prancis Makin Mengkhawatirkan, Ribuan Orang Lakukan Demonstrasi

Pejabat pemerintah setempat mengkonfirmasi bahwa pewaris kontroversial takhta Saudi tinggal di properti itu sebelum makan malam dengan Macron pada Kamis malam, 28 Juli 2022.

Wartawan di luar tembok perimeter melihat petugas keamanan bersetelan lengkap menjaga pintu masuk dan kehadiran polisi dalam jumlah besar, termasuk setengah lusin kendaraan.

Macron dan bin Salman dijadwalkan bertemu di Istana Kepresidenan Elysee yang lebih sederhana pada Kamis malam untuk pembicaraan yang dianggap tidak pantas oleh para sejumlah kalangan Prancis.

Sebelumnya MBS dinilai oleh intelijen Amerika Serikat (AS) telah menyetujui pembunuhan mengerikan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Saudi di Istanbul pada 2018.

Namun setelah empat tahun Arab Saudi disebut sebagai negara paria internasional, sang pangeran dirayu oleh para pemimpin Barat lagi karena mereka mencari pasokan energi segar untuk menggantikan produksi Rusia yang hilang.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menerima dosis pertama vaksin virus korona

Photo :
  • Arabnews.com

Dalam rekam jejaknya sejarah Chateau Louis XIV direstorasi lagi oleh oleh sepupu Jamal Khashoggi, Emad Khashoggi, yang menjalankan bisnis pengembangan properti mewah di Prancis.

Rumah mewah dan megah itu memiliki klub malam, air mancur berdaun emas, bioskop, serta ruang kaca bawah air di parit yang menyerupai akuarium raksasa dengan sofa kulit putih.

Foto-foto di situs web perusahaan Emad Khashoggi, Cogemad, juga menunjukkan gudang anggur, meskipun alkohol sangat dilarang di Arab Saudi. Chateau yang dahulunya milik Louis XIV dibangun pada tahun 2009 setelah kastil abad ke-19 di plot itu dirobohkan.

Pengeluaran boros Bin Salman sejak muncul sebagai pialang kekuasaan utama di Arab Saudi telah berulang kali menjadi berita utama.

Putra Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud juga membeli kapal pesiar senilai US$500 juta atau Rp7,466 triliun pada 2015, dan juga dilaporkan sebagai pembeli misterius lukisan Leonardo da Vinci senilai US$450 juta atau Rp6,719 triliun pada 2017.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya