6 Perbatasan Negara Terunik di Dunia, Ada Ukraina dan China

Perbatasan China Mongolia
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Dunia – Setiap negara memiliki luas wilayahnya yang berbeda-beda. Jika berbicara mengenai luas wilayah, sudah tentu akan ada perbatasan yang memisahkan antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

Viral Kisah Cinta Tragis Gamer Fat Cat hingga Berujung Bunuh Diri

Hal inilah yang terjadi di beberapa negara di dunia karena memiliki perbatasan yang unik, bahkan tak biasa. Tentunya perbatasan tersebut menunjukkan keunikan dan daya tarik tersendiri dari negara-negara yang bersangkutan.

Penasaran perbatasan unik yang seperti apa? Nah, kali ini Viva berikan ulasan mengenai perbatasan rusia yang unik dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

Penusukan Brutal di Rumah Sakit China: 2 Tewas, 21 Luka-luka

1. Ikan Raksasa – Polandia dan Ukraina

Perbatasan Polandia Ukraina

Photo :
  • Aljazeera
Israel-Palestina Harus Hidup Berdampingan dengan Damai, Kata Menteri Luar Negeri Selandia Baru

Ada perbatasan negara teraneh di dunia antara negara Polandia dan Ukraina. Perbatasannya dibuat dari tanaman yang berbentuk ikan raksasa. Bentuknya sengaja dibuat seperti itu untuk pameran seni pada tahun 2012 di perbatasan negara Polandia dan Ukraina.

Seniman Polandia yang membuatnya bernama Yaroslav Kozyar. Ikan raksasa ini melambangkan konvensionalitas antarnegara. Desa Ukraina Kuchurgan juga mendirikan stasiun bea cukai Moldova-Ukraina pertama di bagian Transnistrian perbatasan. Tak hanya itu, Republik Moldova juga memberlakukan kontrol perbatasan.

2. Dataran Tinggi Golan – Israel dan Suriah

VIVA Militer: Serangan rudal Israel ke Suriah.

Photo :

Sepertinya, perbatasan negara ini paling berbahaya dunia. Bernama dataran tinggi Golan, yang dulunya adalah wilayah milik Suriah.

Tetapi, Israel merebut dataran tersebut pada tahun 1967 dalam Perang Enam Hari. Perbatasan antara Israel dan Suriah berbahaya karena meningkatnya ketidakstabilan negara Suriah serta terorisme. Pada 1923, sebuah konsensus antara Britania Raya dan Perancis menciptakan perbatasan Suriah dan Israel saat ini.

Perbatasan itu diambil oleh Mandat Britania di Palestina dan Mandat Perancis di Suriah. Selama beberapa dekade kedua negara mengklaim Dataran Tinggi Golan sebagai milik mereka. Pada 1981, Israel mencaplok Dataran Tinggi Golan dengan Hukum Golan Heights.

PBB menganggap wilayah ini sebagai wilayah yang diduduki Israel. Kedua negara telah berjuang beberapa perang dan secara teknis berperang bahkan hari ini. Belum ada hasil yang damai. Beberapa kehidupan telah terpengaruh dan hilang karena perselisihan itu. Jika ada penduduk Suriah yang memasuki perbatasan ini, bisa-bisa mereka kena tembak dari penjaga tentara Israel.

3. Patung Dinosaurus – Tiongkok dan Mongolia

Perbatasan China Mongolia

Photo :
  • Tangkapan Layar

Perbatasan di dunia yang satu ini terletak antara negara Tiongkok dan Mongolia. Panjangnya mencapai 7.451 kilometer yang dilengkapi dengan sungai.

Di sisi Mongolia terdapat kota Sulanheer, Zamiin Uud, Hovuun, dan Chongol. Sedangkan di Tiongkok, ada kota Baotou, Hohhot, dan Datong juga sungai Gaxung dan Sogo Nur. Tak hanya itu saja perbatasan antara negara Tiongkok dan Mongolio ini ditandai dengan sepasang patung dinosaurus yang menjulang di tengah jalan raya.

Pemilihan patung dinosaurus ini dikarenakan penemuan fosil hewan purba terbanyak yang ada di Asia.

4. Air Terjun – Brazil dan Argentina

Perbatasan Negara

Photo :
  • Tangkapan Layar

Antara negara Brazil dan Argentina dibatasi dengan jembatan panjang yang membentang di Sungai Iguazu. Air terjunnya memiliki tinggi 275 meter.

Perbatasan dunia ini termasuk ke dalam situs warisan alam dunia oleh UNESCO. Sebab, selain pemandangan air terjun yang cantik, hutan-hutannya juga dipenuhi flora dan dauna margasatwa yang sering jadi destinasi pelancong.

Air terjun Sungai Iguazu ini terbentuk dari aktivitas letusan gunung berapi dekat hutan hingga membentuk tapal kuda. Air terjun ini berlokasikan di Provinsi Misioner, Argentina dan Brasil bagian Parana.

Selama musim hujan, laju aliran air bisa mencapai 450 ribu kaki kubik per detik. Waktu terbaik untuk mengunjungi kawasan ini saat musim semi dan gugur. Tak perlu khawatir, hutan ini juga menyediakan hotel di kedua sisi sungai negara berbeda.

5. Kondisi Hutan yang Berbeda – Haiti dan Dominika

Perbatasan Haiti dan Dominica

Photo :
  • Tangkapan Layar

Perbatasan negara ini memiliki kondisi dan prinsip yang berbeda. Bisa kamu lihat sendiri permasalahan lingkungan dari kedua negara ini.

Negara Haiti (kiri) dan Republik Dominika (kanan) sama-sama memiliki hutan. Namun, hutan di negara Haiti terlihat tandus karena mereka sering merusak hutan dan menjadikannya pemukiman. Sedangkan Republik Dominika merupakan negara yang peduli dengan lingkungan hidup sehingga hijaunya hutan masih terlihat.

6. Zona Demiliterisasi Korea – Korea Utara dan Korea Selatan

Kim Jong-un bertemu Presiden AS Donald Trump di Perbatasan Korea Selatan-Korea Utara.

Photo :
  • Twitter @Scavino45

Kita tahu, bahwa dua negara ini yaitu, Korea Utara dan Korea Selatan sudah lama bersitegang. Perbatasa dunia antar  kedua negara ini dinamai dengan Korean Demilitarized Zone (DMZ) yang terletak di tengah-tengah dataran Korea.

Wilayah ini membentang sepanjang 250 kilometer dengan lebar 4 kilometer. DMZ adalah perbatasan negara yang paling berbahaya di dunia. Kamu akan melihat banyak tank baja dan juga ranjau darat. Para tentaranya pun selalu membawa senapan yang sudah diisi peluru.

Namun selain itu, DMZ juga merupakan wilayah konservasi. Beberapa jenis fauna seperti Amur Leopard dan Bangau Mahkota Merah juga ada di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya