Puluhan WNI Sempat Disekap di Kamboja, Perekrut di RI harus Dibasmi

Menlu Retno Marsudi saat berada di Kuala Lumpur
Menlu Retno Marsudi saat berada di Kuala Lumpur
Sumber :
  • AP Photo/Vincent Thian

VIVA Dunia – Setelah puluhan warga negara Indonesia (WNI) yang disekap oleh perusahaan online scam di Sihanoukville, Kamboja diselamatkan, selanjutnya dianggap perlu adanya pasca-evakuasi yang akan dilakukan.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan bahwa hal pertama yang dilakukan pasca-evakuasi adalah pihak kepolisian akan melakukan BAP untuk bahan penyelidikan lebih lanjut.

"Kedua selanjutnya para WNI akan diserahterimakan kepada KBRI Phnom Penh dan akan dipindahkan dari Sihanoukville ke Phnom Penh," ujar Retno dalam konferensi pers melalui Zoom Meeting, Sabtu, 30 Juli 2022.

Lalu yang ketiga sesuai SOP, staf KBRI akan melakukan wawancara berdasarkan screening indikasi korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan selanjutnya akan direpatriasi ke Indonesia.

"Izinkan pada kesempatan ini saya sampaikan penghargaan dan terima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah dan otoritas Kamboja atas kerja sama dan bantuan dalam proses evakuasi ini," ucapnya.

Retno juga menekankan bahwa pada masa depan Pemerintah Indonesia akan berusaha agar kejadian serupa tidak menimpa WNI yang bekerja di luar negeri.

"Satu masalah selesai namun tantangan kita belum selesai seluruhnya. Kita harus bekerja keras untuk mencegah agar kejadian serupa tidak terulang di masa mendatang," kata dia.

Halaman Selanjutnya
img_title