Profil Pemimpin Al Qaeda Ayman al Zawahiri yang Tewas Dibunuh AS

Pemimpin Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri.
Sumber :
  • CNA/REUTERS/SITE Monitoring Service via Reuters.

VIVA Dunia – Pemimpin Al Qaeda, Ayman al Zawahiri, tewas dalam serangan pesawat tak berawak CIA di Afghanistan selama akhir pekan, kata pejabat AS pada Senin 1 Agustus 2022. Kematian Zawahiri teroris diklaim sebagai pukulan terbesar bagi kelompok Al Qaeda sejak pendirinya Osama bin Laden tewas pada 2011 .

Skenario Tante Bunuh Keponakan di Tangerang, Ambil Perhiasan Korban Biar Dikira Kasus Pencurian

Mengutip dari Viva, Zawahiri adalah seorang ahli bedah Mesir, yang membantu mengoordinasikan serangan 11 September 2001, yang hampir 3.000 orang. Salah satu pejabat AS, berbicara dengan syarat anonim, mengatakan CIA melakukan serangan pesawat tak berawak di ibu kota Afghanistan Kabul pada hari Minggu, 31 Juli 2022.

Sebelum tokoh pemimpin Al Qaeda meninggal, Viva melalui lansiran berbagai sumber, menemukan bahwa sosok Al-zawahiri disebutkan sudah bertahun-tahun terlibat militansi Islam.

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria

Dia pernah dihukum tiga tahun penjara atas kepemilikan senjata ilegal di Mesir setelah pembunuhan Presiden Mesir Anwar al-Sadar pada tahun 1981, namun kemudian dibebaskan dari dakwaan.

Usai bebas dari penjara, Al-Zawahiri yang seorang dokter bedah otak dan dijuluki 'The Doctor', kemudian dirinya pergi ke Pakistan dan bekerja dengan Bulan Sabit Merah untuk merawat para mujahidin yang terluka dalam pertempuran di Afghanistan dengan pasukan Uni Soviet saat itu.

Nasib Tragis Gadis 16 Tahun Tewas Usai Dicekoki Narkoba dan Dicabuli di Hotel Jaksel

Ayman al-Zawahiri (kanan)

Photo :
  • aljazeera.com

Selama momen tersebut, Al-Zawahiri berkenalan dengan Osama bin Laden, yang saat itu merupakan warga kaya Arab Saudi yang bergabung dengan perlawanan Afghanistan.

Setelah itu, Al-Zawahiri menjadi pemimpin Jihad Islam di Mesir tahun 1993 dan dirinya menjadi terkemuka dalam kampanye menggulingkan pemerintahan pada pertengahan tahun 1990-an, bahkan mencetuskan pendirian negara Islam murni.

Otoritas Mesir saat itu menindak tegas Jihad Islam usai pembunuhan pembunuhan Presiden Hosni Mubarak tahun 1995 di Addis Ababa. Al-Zawahiri kemudian merespons dengan memerintahkan serangan terhadap Kedutaan Besar Mesir di Islamabad. Dua mobil penuh meledakkan gerbang perlindungan itu hingga memakan korban berjumlah 16 tewas.

Tahun 1999, pengadilan militer menjatuhkan vonis mati secara in absentia kepada Al-Zawahiri. Namun dia menjalani kehidupan sederhana sebagai seorang militan usai membantu Osama mendirikan Al-Qaeda.

Pemimpin Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri.

Photo :
  • CNA/REUTERS/SITE Monitoring Service via Reuters.

Latar belakang keluarga Al-Zawahiri sebenarnya cukup berada, dengan Al-Zawahiri yang lahir tahun 1951 di Kairo ini diketahui merupakan cucu dari seorang imam besar Al-Azhar yang terkemuka di Mesir. Ayahnya merupakan seorang profesor farmakologi.

Dia dibesarkan di pinggiran Maadi, Kairo, daerah yang disukai para ekspatriat dari negara-negara Barat yang kini ditentangnya. Dia dilaporkan pertama memeluk fundamentalisme Islam sejak usia 15 tahun. Dia juga disebut terinspirasi dengan gagasan revolusioner penulis Mesir, Sayyid Qutb, yang dieksekusi mati tahun 1966 atas tuduhan tuduhan menggulingkan negara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya