5 Negara dengan Tingkat Perceraian Tertinggi, Rusia Jadi yang Pertama

Ilustrasi Bercerai
Sumber :
  • skelton.co.za

VIVA Dunia – Setelah melihat lebih dekat pada tingkat perceraian negara-negara di seluruh dunia, pernikahan menjadi semakin tidak populer. Sebaliknya, perceraian terus meningkat setiap tahun. Setiap tahun, organisasi dunia seperti PBB mencatat tingkat perceraian global. Menurut data, statistik pernikahan dan perceraian berubah secara signifikan karena beberapa alasan. 

Terpopuler: Negara Tanpa Malam hingga Olahraga Ringan Setelah Lebaran

Ada beberapa alasan paling umum untuk perceraian meliputi, kurangnya komitmen, perdebatan yang berlebihan, ketidaksetiaan dan menikah muda. Alasan-alasan ini tentu bisa merusak pernikahan, dan ini tidak termasuk faktor-faktor lain yang menyebabkan pasangan menyerah dan mengakhiri perjanjian seumur hidup mereka.

Selain itu, selama bertahun-tahun, tingkat pernikahan telah tumbuh tidak stabil dan menurun setiap tahun. Ini belum termasuk angka perkawinan yang berakhir dengan perpisahan resmi. Untuk itu, berikut ini sudah VIVA rangkum dari laman Unified Lawyers tentang beberapa negara di dunia yang mempunyai tingkat perceraian terbanyak di dunia. 

Bukan Hanya Palestina, Ini 9 Negara yang Belum Diakui Keanggotannya oleh PBB

1. Rusia: 4,7 Perceraian per 1.000 Orang

Moskow, Rusia

Photo :
  • U-Report
Pertama Kali, Ukraina Tembak Jatuh Pesawat Pengebom Rusia

Rusia terdiri dari 145.912.025 orang, menjadikannya negara besar dengan populasi yang berkembang pesat. Meskipun Rusia mungkin tampak seperti negara yang berkembang, kemiskinan dianggap tinggi di negara tersebut. Menurut Statista, sepertiga orang Rusia bercerai karena tidak punya uang. Alasan kedua adalah tidak saling pengertian antara pasangan.

Ada dua jenis perceraian di Rusia: yudisial dan administratif. Menurut undang-undang, setiap pasangan tidak perlu berpisah secara hukum untuk mengajukan gugatan. Tidak seperti kebanyakan negara, proses perceraian lebih murah, dan diizinkan untuk menangani masalah seperti pembagian properti, keuangan, dan hak asuh anak secara terpisah dari proses perceraian.

2. Guam: 4.2 Perceraian per 1.000 Orang

VIVA Militer: Pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat Andersen di Guam

Photo :
  • Air Force Times

Anehnya, Guam juga menjadi salah satu negara dengan perceraian terbanyak. Karena tingkat perceraian yang mengkhawatirkan, gereja-gereja Katolik telah memutuskan untuk meningkatkan upaya mereka untuk membantu menjaga pernikahan tetap bersama. Di Guam, kamu bisa mengajukan perceraian tanpa kesalahan atau perceraian berdasarkan kesalahan.

Perceraian tanpa kesalahan biasanya disebabkan oleh perbedaan yang tidak dapat didamaikan dan tidak menyebutkan bahwa pasangan bertanggung jawab atas bubarnya pernikahan. Perceraian berdasarkan kesalahan adalah ketika pasangan bertanggung jawab atas berakhirnya pernikahan. Hal ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti zina. 

3. Moldova: 3,7 Perceraian per 1.000 Orang

ilustrasi pernikahan

Photo :
  • vstory

Selama bertahun-tahun, tingkat perceraian Moldova telah meningkat secara signifikan. Meski sempat menurun pada 1999-2018, namun mulai bangkit kembali pada 2019 dan setelahnya. Menurut statistik, jumlah anak yang lahir telah berkurang, dan pasangan yang membentuk keluarga juga menurun. Tingkat perceraian di negara ini juga 50% dari semua pernikahan.

Data juga menunjukkan bahwa lebih sedikit pasangan yang memilih untuk menikah, dan lebih banyak yang memilih untuk bercerai. Data Kantor Pendaftaran menunjukkan bahwa lebih dari 10.000 pasangan bercerai dan 22.000 pasangan menikah pada tahun 2016, dengan pernikahan terpendek hanya berlangsung satu hari.

4. Belarus: 3,4 Perceraian per 1.000 Orang

Wanita di Negara Belarusia.

Photo :
  • U-Report

Belarus telah dijuluki tanah perkawinan rusak karena tingkat perceraian yang tinggi, dengan masalah uang sebagai salah satu penyebab utama. Ekonomi yang tidak stabil telah mempengaruhi pilihan perkawinan orang Belarusia.

Namun, kita tidak boleh menyalahkan sepenuhnya pada masalah uang. Banyak orang Belarusia, terutama wanita, telah memilih untuk menikah dengan orang asing di luar negeri, menjelaskan mengapa pernikahan di Belarus telah menurun secara dramatis.

5. Latvia: 3,1 Perceraian per 1.000 Orang

Blonde Parade Latvia

Photo :
  • spiegel.de

Menurut statistik, jumlah perceraian relatif tinggi di Latvia, dengan lebih banyak pasangan memilih untuk tidak memiliki anak, dan bagian keluarga dengan orang tua tunggal telah meningkat. Alasan tingginya tingkat perceraian di negara itu tidak dapat dijelaskan. 

Namun, itu mungkin karena ketidakstabilan dalam pernikahan dan orang Latvia memilih untuk menikah di usia yang lebih tua. Menikah di usia 18 tahun adalah hal yang biasa, tetapi hari ini, orang Latvia lebih suka menikah di usia hampir 30 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya