Ziarah ke Pemakaman Kuno Baqi di Madinah

Areal pemakaman Baqi di Madinah
Areal pemakaman Baqi di Madinah
Sumber :
  • MCH / Zaky Al Yamani

VIVA – Baqi al-Gharqad adalah tanah kuburan sejak zaman jahiliyah sampai sekarang. Jemaah haji yang meninggal di Madinah dimakamkan di Baqi’, terletak di sebelah timur Masjid Nabawi. Sekeliling areal makam dibatasi oleh pagar. 

Tim MCH (Media Center Haji) berkesempatan mengunjungi dan berziarah ke makam ini seusai sholat shubuh akhir pekan lalu. Meski masih pagi, areal makam sudah dipadati para peziarah dari berbagai negara.

Di gerbang areal pemakaman, ada papan peringatan besar dengan enam bahasa berbeda. Peringatan berisi tentang himbauan berziarah sesuai tuntuntan agama dan tidak mendekati kemusyrikan.

Sejumlah petugas keamanan Arab Saudi berjaga di beberapa titik. Mereka terus mengatur arus para peziarah yang memadati areal pemakaman agar tidak terjadi kesemrawutan kerumunan jemaah.

Areal pemakaman Baqi menjadi salah satu tujuan yang paling banyak dikunjungi dan diziarahi oleh para jemaah haji dan umroh dari seluruh dunia. Karena di areal ini dimakamkan sejumlah keluarga dan sahabat nabi.

Di tempat itu dimakamkan Utsman bin Affan RA (Khalifah III) dan para istri Nabi Muhammad SAW, yaitu Siti Aisyah RA, Ummi Salamah RA, Juwairiyah RA, Zainab RA, Hafsah binti Umar bin Khathab RA, dan Mariyah al-Qibtiyah RA.

Pemakaman Baqi di Kota Madinah, Arab Saudi

Pemakaman Baqi di Kota Madinah, Arab Saudi

Photo :
  • Antara/ Kemenag