Menlu Jepang: ASEAN Kunci Wujudkan Asia Pasifik Bebas dan Terbuka

Lokasi pertemuan puncak ASEAN Foreign Minister's Meeting di Kamboja
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Dunia – Para menteri luar negeri (Menlu) negara-negara anggota ASEAN hadiri forum menteri ASEAN yang diadakan di Phnom Penh, Kamboja. Perhelatan itu berlangsung sejak Sabtu, 30 Juli 2022 dan pertemuan puncaknya akan berfokus membahas masalah- masalah global.

Honda Siapkan Fasilitas Produksi Mobil Listrik

Para menlu selain menlu negara ASEAN turut hadir termasuk Menlu Jepang menghadiri pertemuan tersebut. Menlu Jepang Yoshimasa Hayashi mengatakan pada Selasa, 2 Agustus 2022 bahwa dia akan mengunjungi Phnom Penh akhir pekan ini untuk menghadiri serangkaian pertemuan terkait dengan Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Hayashi mengatakan dia akan merinci kebijakan Jepang tentang urusan internasional dan regional termasuk invasi Rusia ke Ukraina dan masalah di Laut China Timur dan Selatan di tengah meningkatnya ketegasan maritim Beijing, dalam pertemuan yang berlangsung pada hari Kamis dan Jumat, 5 Agustus 2022.

Kembangkan Sistem Berkendara Canggih, Toyota Bakal Gandeng Huawei

Pertemuan tersebut termasuk Forum Regional ASEAN, forum keamanan regional beranggotakan 27 orang yang juga melibatkan Amerika Serikat (AS), China, Rusia dan Korea Utara, serta sesi menlu KTT Asia Timur, yang keduanya akan berlangsung pada hari Jumat.

“ASEAN adalah mitra dekat jangka panjang untuk Jepang dan kunci untuk mewujudkan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka, sehingga Jepang akan bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dengan negara-negara terkait,” kata Hayashi dalam konferensi pers di Tokyo, dikutip dari Japan Times, Rabu, 3 Agustus 2022.

Suzuki GSX-S950 Akhirnya dapat Baju Baru, tapi Harganya Bikin Geleng-geleng Kepala

Pertemuan itu terjadi di tengah konfrontasi yang semakin intensif antara Rusia dan negara-negara Barat atas perang di Ukraina, ketika Washington, Tokyo dan negara-negara yang berpikiran sama terus menjatuhkan sanksi ekonomi yang berat terhadap Moskow.

Verrell Bramasta

Verrell Bramasta Pamer Momen Liburan ke Jepang, Boyong Ibunda Usai Lebaran

Tidak hanya itu, selama liburan Verrell Bramasta menunjukan sikap mandiri yang tidak ingin mengandalkan bantuan orang lain. Seperti, yang tertangkap kamera baru-baru ini.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024