Daya Magis Jabal Rahmah

Jabal Rahmah di Arafah saat Wukuf
Sumber :
  • MCH 2022

VIVA – Daya magis Jabal Rahmah merupakan sebuah bukit berbatu granit yang  berada di sebelah timur Kota Mekah, Arab Saudi. Jabal Rahmah juga kerap disebut Jabal Arafah karena terletak di Padang Arafah.

Terpopuler: Ramalan Zodiak sampai Penjelasan Buya Yahya Soal Panggilan Pak Haji

Menurut sejarah, di puncak bukit inilah Nabi Muhammad S.A.W menyampaikan pesan atau Khutbah Terakhir kepada seluruh Muslim yang menunaikan ibadah Haji bersamanya sebelum baginda meninggal dunia.

Di puncak bukit ini juga Nabi Adam AS dan Hawa bertemu kembali di bumi selepas diperintah Allah turun ke bumi. Ketinggian bukit ini sekitar kira-kira 70 meter.

Belum Haji Bolehkah Dipanggil Pak Haji? Begini Buya Yahya Menjelaskan

Ketika musim Haji, ribuan umat Islam yang menunaikan Haji akan menghabiskan seluruh waktu siangnya pada 9 Dzulhijjah di Jabal Rahmah untuk berdoa dan meminta pengampunan kepada Allah SWT.

Jabal Rahmah di Arafah saat Wukuf

Photo :
  • MCH 2022
Tak Banyak Masalah, Kemenag Nilai Proses Persiapan Haji Berjalan Baik

VIVA.co.id yang tergabung di MCH (Media Center Haji) Indonesia berkesempatan mengunjungi Jabal Rahmah pada Jumat pagi 8 Juli (9 Dzulhijjah), jelang seluruh jemaah haji akan melaksanakan Wukuf.

Jarak Jabal Rahmah dari Tenda jemaah haji Indonesia di Arafah cukup jauh. Jemaah Indonesia yang ingin ke sana harus menempuh perjalanan beberapa kilometer dengan berjalan kaki.

Tim MCH tiba di Jabal Rahmah saat menjelang subuh. Namun, Jabal Rahmah sudah mulai dipadati ribuan jemaah dari berbagai negara yang mendaki hingga puncak.

Jabal Rahmah di Arafah saat Wukuf

Photo :
  • MCH 2022

Sejumlah jemaah memilih bertahan di puncak Jabal Rahmah. Sebagian di antaranya, menghabiskan waktu dengan membaca Al Quran, berzikir dengan khusyuk, hingga berdoa sambil menangis di tengah kepadatan jemaah yang memenuhi Jabal Rahmah.

Di puncak Jabal Rahmah, dibangun tugu berisi tulisan peringatan menggunakan 5 bahasa. Peringatan ini agar para jemaah tidak berlebihan dalam melakukan ritual doa di sana.

Sejumlah petugas keamanan Arab Saudi dikerahkan untuk berjaga di sana. Beberapa kali petugas harus menegur para jemaah yang melakukan hal-hal berlebihan di sana, seperti meratap sambil menepuk-nepuk tugu.

Ribuan jemaah terus berdatangan secara bergelombang seiring matahari yang mulai naik. Ribuan jemaah ini terus memadati Jabal Rahmah hingga waktu Wukuf selesai pada Maghrib 9 Dzulhijjah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya