Wilayah Indonesia atau Malaysia? Ini 5 Fakta Selat Malaka

Peta Selat Malaka, pemisah Dumai (Indonesia) dan Malaka (Malaysia)
Peta Selat Malaka, pemisah Dumai (Indonesia) dan Malaka (Malaysia)
Sumber :
  • maps.google.com

VIVA Edukasi – Selat Malaka adalah salah satu wilayah paling strategis dan di daerah selat ini terdapat banyak lalu lintas, baik barang maupun orang. Selat ini terletak di antara Semenanjung Kra dan Pulau Sumatera.

Ditinjau dari letak geografisnya, selat ini merupakan salah satu jalur terpenting di dunia dan dapat disandingkan sejajar dengan Terusan Suez dan Terusan Panama. Selain itu, ternyata ada deretan fakta menarik yang dimiliki Selat Malaka. Apa saja? Simak fakta-fakta Selat Malaka yang dirangkum dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Mulai Berkembang Pesat Sejak Kerajaan Sriwijaya

Lokasi temuan candi zaman Kerajaan Sriwijaya di Palembang.

Lokasi temuan candi zaman Kerajaan Sriwijaya di Palembang.

Photo :

Secara historis, Selat Malaka mulai berkembang pesat sebagai salah satu urat nadi pelayaran sejak akhir abad ke-15, yaitu saat berdirinya Kerajaan Sriwijaya.

Peranan yang sangat menonjol dari Selat Malaka adalah sebagai tempat bertemunya berbagai saudagar yang berasal dari Persia, Arab, India, Tiongkok, dan daerah sekitar.

Barang-barang yang terbuat dari katun melalui Selat Malaka antara lain tekstil, kapur barus, mutiara, kayu berharga, rempah-rempah, gading, kain dan sengkelat, perak, emas, sutera, pecah belah, serta gula.