5 Negara dengan Kasus Pemerkosaan Tertinggi di Dunia

Ilustrasi pemerkosaan
Ilustrasi pemerkosaan
Sumber :
  • pixabay

VIVA Dunia – Pemerkosaan adalah sebuah kasus kejahatan yang sangat kompleks untuk ditelusuri. Di beberapa belahan dunia, kasus kejahatan tersebut jarang dilaporkan kepada pihak berwajib lantaran berbagai alasan. Kaum wanita di beberapa negara mungkin saja enggan melaporkan lantaran stigma sosial yang ditimpakan kepada wanita yang diperkosa. 

Beberapa wanita juga takut melaporkan kasus tersebut lantaran takut dibuang oleh keluarga dan enggan menanggung malu. Statistik terkait pemerkosaan dan kejahatan seksual lain lazim ditemui di beberapa negara maju. Tapi, sangat banyak angka pemerkosaan yang tidak dilaporkan di seluruh dunia. 

Sekitar 36 persen wanita di seluruh dunia pernah mengalami kekerasan fisik maupun kekerasan intim seksual. Namun, bila melihat statistik negara pemerkosaan terbanyak, kamu terkejut karena Amerika, Swedia, dan Inggris ada di dalamnya. Nah, berikut ulasan tentang negara dengan tingkat pemerkosaan di dunia seperti dikutip dari Wonder List. 

1. Afrika Selatan

Nenek petinju dari klub Boxing Gogos di Afrika Selatan

Nenek petinju dari klub Boxing Gogos di Afrika Selatan

Photo :
  • theguardian/Kim Ludbrook/EPA

Afrika Selatan ditaksir ada 500 ribu kasus pemerkosaan setiap tahun, negara ini mempunyai angka tertinggi pemerkosaan sedunia. Diperkirakan lebih dari 40 persen wanita di Afrika Selatan pernah diperkosa semasa hidupnya. Medical Research Council mengatakan, hanya 1 di antara 9 kasus saja yang dilaporkan. 

Dengan begitu, jumlah kasus yang sebetulnya jauh lebih tinggi ketimbang yang tercatat oleh kepolisian. Kebanyakan, kekerasan seksual memang menimpa kaum perempuan, tapi kaum pria dan anak-anak pun ikut terseret. Berdasar sebuah laporan penelitian, setidaknya 4 persen kaum pria sudah dipaksa untuk melakukan seks dengan pria lain. 

2. Swedia

Midsommar yang disebut-sebut film paling seram tahun 2019 batal tayang di Indonesia.

Midsommar yang disebut-sebut film paling seram tahun 2019 batal tayang di Indonesia.

Photo :
  • IMDb

Swedia beberapa tahun lalu mempunyai rekor sebagai negara kedua terbanyak dalam hal pemerkosaan, di setelah Afrika Selatan. Berdasarkan statistik, sekitar 1 di antara 4 wanita di Swedia akan menjadi korban pemerkosaan. Namun, bila dilihat dari angkanya, penambahannya cukup menonjol. 

Tahun 1975 terdapat 421 kasus pemerkosaan yang dilaporkan kepada polisi, sementara pada tahun 2014 ada 6.620 kasus. Peningkatan tersebut setara dengan 1.472 persen. Dengan keadaan saat ini, Swedia menjadi negara dengan kasus pemerkosaan tertinggi di Eropa. Tahun 2013 dilaporkan ada 63 kasus pemerkosaan untuk setiap 100 ribu penduduk. 

3. Amerika Serikat

Presenter Amerika Serikat, Alyson Eckmann

Presenter Amerika Serikat, Alyson Eckmann

Photo :
  • instagram.com/alyeckmann

Menurut Worldwide Sexual Assault Statistics terbitan George Mason University, sekitar 1 di antara 3 wanita Amerika Serikat (AS) akan mengalami pelecehan seksual dalam hidup mereka. Sekitar 19,3 persen wanita dan 26 persen pria diperkosa setidaknya sekali. Selain itu, diperkirakan 43,9% wanita dan 23,4% pria mengalami bentuk lain kekerasan seksual.

Banyak korban pelecehan seksual yang menjadi korban pada usia belia, sekitar 79 persen diperkosa pertama kali sebelum usia 18 tahun dan 40 persen diperkosa sebelum usia 18 tahun. Sedangkan menurut RAIN, setiap 107 detik ada seseorang di AS yang diserang secara seksual. Setiap tahun, rata-rata 293 korban berusia di atas 12 tahun mengalami serangan seksual. 

4. Inggris dan Wales

Reynhard Sinaga

Reynhard Sinaga

Photo :
  • Facebook via BBC

Pemerkosaan di Inggris bukan hanya bersifat netral secara gender sehingga pemerkosaan menjadi pelanggaran yang hanya dilakukan oleh seorang laki-laki kepada orang lain. Selain itu, Inggris juga tak mengikuti tren di banyak negara mengenai penggolongan tindakan pemerkosaan selain penetrasi penis, misalnya pemakaian benda lain atau jari. 

Sekitar 73 ribu korban adalah kaum wanita, sementara 12 ribu lainnya adalah seorang pria. Mengacu pada angka tersebut, maka rata-rata kasus pemerkosaan per hari ada 230 hari. Laporan itu menyebut bahwa 1 di antara 5 wanita pernah mengalami bentuk lain dari kekerasan seksual sejak usia 16 tahun. 

5. India

Warga berbelanja di sebuah pasar di Mumbai, India.

Warga berbelanja di sebuah pasar di Mumbai, India.

Photo :
  • AP Photo/Rajanish Kakade.

Pemerkosaan dan kekerasan seksual menjadi masalah yang krusial di India. National Crime Record Bureau (NCRB) mengatakan, kejahatan terhadap kaum wanita meningkat 7,5 persen sejak 2010. Jumlah pemerkosaan yang dilaporkan di negara berpenduduk 1,2 orang itu bertambah 24.923 kasus pada 2012 menjadi 33.707 kasus 2013. 

Mayoritas korban pemerkosaan berusia 18-30 tahun. Sekitar sepertiga korban berusia di bawah 18 tahun dan sepersepuluh korban pemerkosaan berusia di bawah 14 tahun. India, setiap 20 menit ada satu orang wanita yang diperkosa. Menurut statistik 2013, New Delhi menjadi kota tertinggi kasus pemerkosaan di India.