Dua Drone China Terbang di Daerah Kinmen, Taiwan Tembakkan Suar

VIVA Militer: Drone GJ-2 milik Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA)
Sumber :
  • Chinese Military Aviation

VIVA Dunia – Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan, pada Kamis 4 Agustus 2022, bahwa pesawat tak dikenal, mungkin seperti drone, telah terbang pada Rabu malam, 3 Agustus 2022, di atas wilayah Kepulauan Kinmen. Dalam hal ini, Taiwan mengambil tindakan dengan menembakkan suar untuk mengusir mereka.

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Taiwan telah bersiaga saat China melakukan serangkaian latihan militer sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke pulau itu.

Mayor Jenderal Chang Zone-sung dari Komando Pertahanan Kinmen Angkatan Darat, mengatakan bahwa drone China datang berpasangan, dan terbang ke daerah Kinmen dua kali pada Rabu malam sekitar pukul 21.00 dan 22.00 waktu setempat.

Neta Mulai Rakit Mobil Listrik di Indonesia

Bekas pos militer Taiwan di pantai Kepulauan Kinmen.

Photo :
  • Nikkei Asia.

"Kami segera menembakkan suar untuk memberi peringatan dan mengusir mereka. Setelah itu, mereka berbalik. Mereka masuk ke area terlarang kami dan itulah sebabnya kami membubarkan mereka," katanya, dikutip dari Nikkei Asia, Kamis, 4 Agustus 2022.

Kakek 87 Tahun Ini Bikin Heboh Usai Jadi Model Catwalk di China Fashion Week

Kepulauan Kinmen yang dijaga ketat berada di lepas pantai tenggara China, dekat kota Xiamen.

"Kami memiliki prosedur standar operasi. Kami akan bereaksi jika mereka masuk," kata Chang, seraya menambahkan bahwa tingkat siaga di sana tetap normal.

Chang menyebutkan bahwa dia yakin pesawat tak berawak itu dimaksudkan untuk mengumpulkan intelijen tentang penyebaran keamanan Taiwan di pulau-pulau terpencilnya.

Pekan lalu, militer Taiwan menembakkan suar untuk memperingatkan sebuah pesawat tak berawak yang melintasi kepulauan Matsu di lepas pantai Provinsi Fujian China, dan mungkin sedang menyelidiki pertahanannya, kata Kementerian Pertahanan Taiwan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya