China Tembakkan Dua Rudal ke Pulau Utama Taiwan

VIVA Militer: Rudal hipersonik Dongfeng DF-17 militer China
Sumber :
  • 19fortyfive.com

VIVA – Latihan militer China di sekitar pulau utama Taiwan telah dimulai, menurut media pemerintah China. Kementerian Pertahanan Taiwan kini mengatakan bahwa China meluncurkan beberapa rudal balistik Dongfeng ke perairan sekitar timur laut dan barat daya Taiwan.

Polisi China Bisa Geledah HP dan Laptop Warga Berdasarkan Peraturan Baru

Melansir dari The Guardian, Kamis, 4 Agustus 2022, peluncuran rudal tersebut terjadi sekitar 90 menit yang lalu, mulai pukul 13.56 waktu setempat.

Taiwan mengatakan dua rudal China diluncurkan di dekat pulau Matsu, Taiwan, yang terletak di lepas pantai China, sekitar pukul 14.00 waktu setempat. Mereka terlihat menuju ke arah zona latihan 2 dan 3 yang sebelumnya diumumkan oleh China, menurut laporan keamanan internal Taiwan.

Dealer-dealer BYD Sering Kebakaran sejak 2021, karena Mobil Listrik?

Bendera Taiwan-China.

Photo :
  • ANTARA/Reuters/Dado Ruvic.

Kemarahan China dan latihan militer secara besar-besaran terjadi setelah Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi nekat berkunjung ke Taiwan, sebuah pulau yang diakui China sebagai bagian dari wilayahnya.

Afgan Pukau Ribuan Penonton di Pavilion Taiwan Excellence, Intip Keseruannya

Sebelumnya juga Presiden China, Xi Jinping, telah memberikan peringatan kepada AS mengenai kunjungan tersebut. Namun Pelosi tetap melakukan perjalanan ke Taiwan. Beijing menganggapnya sebagai tindakan yang keras kepala dan berbahaya.

Guardian melaporkan bahwa sebelumnya Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Wang Yi, berada di Phnom Penh, Kamboja, untuk pertemuan para Menlu dari kelompok Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN). Kementerian Luar Negeri China telah mengkonfirmasi bahwa Wang telah membatalkan pertemuan bilateral yang direncanakan dengan rekannya dari Jepang, Menlu Yoshimasa Hayashi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya