Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza, Tewaskan 24 Orang

Rudal Israel jatuh di pemukiman Palestina di Gaza.
Rudal Israel jatuh di pemukiman Palestina di Gaza.
Sumber :
  • AP Photo/Adel Hana.

VIVA Dunia – Serangan udara Israel meratakan rumah-rumah di Gaza pada hari Sabtu 6 Agustus 2022. Sedangkan militan Palestina melanjutkan serangan roket ke Israel untuk hari kedua.

Pertempuran itu meningkatkan kekhawatiran eskalasi besar lainnya dalam konflik Timur Tengah. Kementerian Kesehatan Gaza mengatakan sejauh ini 24 orang dilaporkan tewas di jalur pantai, termasuk enam anak-anak.

Dilansir AP, Pertempuran dimulai dengan serangan pembunuhan Israel terhadap seorang komandan senior kelompok militan Jihad Islam Palestina, dalam gelombang serangan hari Jumat 5 Agustus 2022, yang menurut Israel dimaksudkan untuk mencegah serangan yang akan segera terjadi.

Sebuah gedung hancur akibat serangan rudal Israel di Gaza, 6 Agustus 2022.

Sebuah gedung hancur akibat serangan rudal Israel di Gaza, 6 Agustus 2022.

Photo :
  • AP Photo/Adel Hana.

Sejauh ini, Hamas, kelompok militan yang menguasai Gaza, tampaknya berusaha menjaga intensitasnya tetap terkendali. Militer Israel mengatakan sebuah roket ditembakkan oleh gerilyawan Palestina menewaskan warga sipil Sabtu malam, termasuk anak-anak, di kota Jabaliya, di Gaza utara. 

Militer mengatakan telah menyelidiki insiden itu dan menyimpulkan "tanpa keraguan" bahwa itu disebabkan oleh salah tembak dari pihak Jihad Islam. Tidak ada komentar resmi Palestina tentang insiden itu.

Sebuah serangan udara Israel di kota selatan Rafah menghancurkan sebuah rumah dan merusak bangunan-bangunan di sekitarnya. Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan sedikitnya dua orang tewas dan 32 terluka, termasuk anak-anak. Seorang remaja laki-laki ditemukan dari puing-puing, dan orang yang terbunuh lainnya diidentifikasi oleh keluarganya sebagai Ziad al-Mudalal, putra seorang pejabat Jihad Islam.

Militer mengatakan mereka menargetkan Khaled Mansour, komandan Jihad Islam untuk Gaza selatan. Baik Israel maupun kelompok militan tidak mengatakan apakah dia terkena tembakan. Pertahanan Sipil mengatakan responden masih menyaring puing-puing dan penggali sedang dikirim dari Kota Gaza.

Tentara Israel membawa rudal di perbatasan Gaza.

Tentara Israel membawa rudal di perbatasan Gaza.

Photo :
  • AP Photo/Ariel Schalit.

Serangan rudal lainnya, pada Sabtu, menabrak mobil, menewaskan seorang wanita 75 tahun dan melukai enam orang lainnya.

Dalam salah satu serangan, jet tempur menjatuhkan dua bom di rumah seorang anggota Jihad Islam setelah Israel memperingatkan orang-orang untuk mengungsi dari daerah tersebut. Ledakan itu meratakan struktur dua lantai, meninggalkan kawah besar yang dipenuhi puing-puing, dan rumah-rumah di sekitarnya rusak parah.