Petinggi Taliban Pakistan Tewas dalam Serangan Bom di Afghanistan

 Taliban
Taliban
Sumber :
  • @PanjshirProvin1

VIVA Dunia – Sebuah bom pinggir jalan terjadi larut malam di Afghanistan timur dan telah menghantam sebuah kendaraan yang membawa anggota Taliban Pakistan, menewaskan seorang pemimpin senior dan tiga anggota lain dari kelompok itu, kata beberapa pejabat Pakistan dan kelompok itu.

Abdul Wali, juga dikenal sebagai Omar Khalid Khorasani, adalah seorang komandan tertinggi Taliban Pakistan dan diduga berada di balik beberapa serangan paling mematikan dalam beberapa tahun terakhir.

Kendaraan Wali dihantam bom pinggir jalan pada Minggu, 7 Agustus 2022 malam di provinsi Paktika, Afghanistan, di sepanjang perbatasan dengan Pakistan, menurut pejabat Pakistan dan anggota TTP yang berbicara dengan syarat anonim kepada kantor berita The Associated Press.

VIVA Militer: Mayat pejuang Taliban Afghanistan

VIVA Militer: Mayat pejuang Taliban Afghanistan

Photo :

Tiga pria lain yang tewas termasuk sopirnya dan dua ajudan dekatnya, kata mereka.

Kematian Wali memberikan pukulan besar bagi kelompok bersenjata, yang secara resmi dikenal sebagai Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), dan terjadi seminggu setelah serangan pesawat tak berawak AS di Kabul menewaskan pemimpin al-Qaeda Ayman al-Zawahiri.

Megutip dari Aljazeera Taliban Pakistan pada hari Senin, 8 Agustus 2022 mengkonfirmasi pembunuhan itu dan menyalahkan agen intelijen Pakistan untuk itu, tanpa memberikan bukti atau penjelasan lebih lanjut.