Hujan Terbesar dalam 80 Tahun di Seoul, Banyak Korban Tewas dan Hilang

Seoul, Korea Selatan dilanda banjir besar akibat curah hujan yang amat tinggi
Seoul, Korea Selatan dilanda banjir besar akibat curah hujan yang amat tinggi
Sumber :
  • Hwang Kwang-mo/Yonhap via AP

VIVA – Sedikitnya tujuh orang tewas dan enam orang hilang di dan sekitar Seoul, Ibu kota Korea Selatan. Hujan deras itu membuat pemadaman listrik, memicu tanah longsor dan membanjiri rumah-rumah serta mematikan sistem metro kota tersebut.

Aljazeera menuliskan bahwa kantor berita Yonhap menjelaskan hujan kali ini adalah yang terbesar dan terberat dalam kurun waktu 80 tahun terakhir. Sedikitnya lima orang tewas di Seoul, sementara dua orang tewas di dekat provinsi Geyonggi pada Selasa, 9 Agustus pagi, kata lembaga Penanggulangan Bencana dan Keselamatan Pusat Korea.

banjir di Seoul

banjir di Seoul

Photo :
  • The Korea Herald

Tiga dari korban tewas adalah orang-orang yang tinggal di banjiha atau flat basement sempit seperti yang digambarkan dalam film Parasite pemenang Oscar, tepatnya di distrik Gwanak Seoul.

Kantor berita Yonhap mengatakan ketiganya termasuk seorang remaja dan bahwa keluarga tersebut telah melaporkan bahwa mereka terjebak di dalam rumah bawah tanah pada Senin, 8 Agustus 2022 malam. Mereka kemudian ditemukan tewas saat penyelamat datang.

Pejabat Korea ngatakan orang keempat juga tewas di Seoul setelah terjebak di gedung yang terendam banjir, sementara yang lain diyakini tersengat listrik saat Ia mencoba membersihkan pohon tumbang dari pinggiran jalan.

banjir di Seoul

banjir di Seoul

Photo :
  • The Korea Herald