Menlu Taiwan Sebut Beijing Memang Bermaksud Menyerang Negaranya

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu saat konferensi pers di Taipe
Sumber :
  • Taiwan Ministry of Foreign Affairs via AP

VIVA Dunia – Diplomat teras Taiwan menuduh Beijing memang bersiap untuk menyerang negara pulau itu setelah China berhari-hari melakukan latihan perang besar-besaran di dekat wilayah Taiwan.

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

China meluncurkan latihan udara dan laut terbesarnya di sekitar Taiwan sejak pekan lalu sebagai tanggapan atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taipei pada pekan lalu.

Taiwan merasakan hidup di bawah ancaman invasi terus-menerus oleh China yang memandang tetangganya itu sebagai bagian dari wilayah China.

Punya Kekuatan Perang Nabi Muhammad, Ini Rudal Iran yang Bikin Israel Ciut

Menlu Taiwan Joseph Wu saat menyambut kehadiran Ketua DPR AS Nancy Pelosi

Photo :
  • Taiwan Ministry of Foreign Affairs via AP

"China telah menggunakan latihan dalam buku pedoman militernya untuk mempersiapkan invasi ke Taiwan," kata Menteri Luar Negeri (Menlu) Taiwan Joseph Wu saat konferensi pers, Selasa, 9 Agustus 2022.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Dia juga menuduh Beijing menggunakan kunjungan Pelosi sebagai dalih untuk aksi militer padahal niat sebenarnya China adalah untuk mengubah status quo di Selat Taiwan dan seluruh wilayahnya.

Melansir dari NDTV, Selasa, 9 Agustus 2022, militer China mengatakan latihannya di Taiwan akan terus berlanjut dan melibatkan unit udara dan laut.

Tentara Militer China gunakan teropong, kejauhan tampak frigate Lan Yang Taiwan

Photo :
  • Lin Jian/Xinhua via AP

Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka sedang melakukan latihan di sekitar pulau Taiwan, dengan fokus pada blokade bersama dan operasi dukungan bersama.

Sementara itu Taipei juga memulai latihannya di wilayah selatan Pingtung tak lama setelah pukul 00.40 waktu setempat, dengan menembakkan suar dan artileri target.

Latihan tembakan langsung itu berakhir kurang dari satu jam pada pukul 01.30 waktu Taiwan, kata Lou Woei-jye, juru bicara Korps Angkatan Darat Kedelapan Taiwan. Latihan yang juga akan berlangsung pada Kamis, 11 Agustus 2022, termasuk pengerahan ratusan tentara dan sekitar 40 howitzer, kata militer Taiwan.

Pada hari Senin kemarin, Lou mengatakan kepada bahwa latihan tersebut telah dijadwalkan sebelumnya dan tidak menanggapi latihan China.

Jet tempur China dikomandoi PLA mengisi bahan bakar di udara dekat Taiwan

Photo :
  • Xinhua via AP

Taiwan itu secara rutin menggelar latihan militer yang menyimulasikan pertahanan melawan invasi China. Bulan lalu Taiwan juga lalu mempraktikkan latihan serangan balasan dari laut dalam yang disebut sebagai operasi intersepsi bersama dari latihan tahunan terbesarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya