Pejabat Tinggi Taiwan Ditemukan Tewas Usai China Lancarkan Serangan

Ilustrasi jenazah.
Ilustrasi jenazah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA Dunia – Seorang pejabat tinggi kementerian pertahanan Taiwan ditemukan tewas pada Sabtu, 6 Agustus 2022, ketika wilayah yang memiliki pemerintahan sendiri itu menuduh China melakukan serangan simulasi dengan kapal perang dan pesawat yang melakukan misi di Selat Taiwan.

Ou Yang Li-hsing, wakil kepala unit penelitian dan pengembangan kementerian pertahanan Taiwan, meninggal karena serangan jantung pada hari Sabtu di kamar hotelnya, menurut laporan media pemerintah.

Melansir dari Independent, Selasa, 9 Agustus 2022, ruangan itu tidak memiliki tanda-tanda gangguan dan keluarganya memiliki riwayat penyakit jantung.

Pesawat militer China terbang di sekitar Taiwan.

Pesawat militer China terbang di sekitar Taiwan.

Photo :
  • Xinhua via AP.

Sementara itu, kementerian pertahanan mentweet pada hari Sabtu bahwa beberapa kapal China melakukan misi di Selat Taiwan, dengan beberapa melintasi garis median yang merupakan penyangga tidak resmi yang memisahkan kedua belah pihak sebagai kemungkinan serangan simulasi.

Perkembangan itu terjadi ketika Beijing melanjutkan serangan militernya karena menembakkan beberapa rudal balistik ke arah Taiwan, empat di antaranya terbang langsung di atas ibu kota Taipei.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken mengecam latihan militer China, dengan mengatakan tidak ada pembenaran atas tanggapan Beijing yang sangat tidak proporsional dan meningkat.