Unjuk Kekuatan China Bukan Hanya untuk Taiwan namun Pasifik Barat?

Pilot militer China terbang di atas udara dekat selat Taiwan dirilis foto Xinhua
Pilot militer China terbang di atas udara dekat selat Taiwan dirilis foto Xinhua
Sumber :
  • Wang Xinchao/Xinhua via AP

VIVA Dunia – Taiwan memperingatkan pada Selasa, 9 Agustus 2022 bahwa latihan militer China bukan hanya latihan untuk invasi ke pulau tersebut. Namun aksi itu kata Taiwan juga mencerminkan ambisi China mengendalikan petak besar Pasifik barat. Sementara Taipei menyebut melakukan latihannya sendiri untuk kesiapan mempertahankan diri.

Diketahui usai marah atas kunjungan Ketua DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi ke Taiwan, China telah mengirim kapal dan pesawat militer melintasi garis tengah yang memisahkan kedua belah pihak di Selat Taiwan dan meluncurkan rudal ke perairan sekitar pulau itu. 

Latihan yang dimulai pada Kamis, 4 Agustus 2022 lalu telah mengganggu penerbangan dan pengiriman di salah satu zona tersibuk untuk perdagangan global.

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu saat konferensi pers di Taipe

Menteri Luar Negeri Taiwan Joseph Wu saat konferensi pers di Taipe

Photo :
  • Taiwan Ministry of Foreign Affairs via AP

Melansir dari AP, Rabu, 10 Agustus 2022, China mengabaikan seruan untuk meredakan ketegangan dan Beijing malah memperpanjang latihan militer tanpa mengumumkan kapan latihan tersebut akan berakhir.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Taiwan Joseph Wu mengatakan bahwa selain bertujuan untuk mencaplok pulau demokrasi yang terpecah dengan daratan di tengah perang saudara pada tahun 1949 lalu itu, China ingin membangun dominasinya di Pasifik barat.

Hal itu akan mencakup pengendalian Laut Cina Timur dan Selatan melalui Selat Taiwan dan memberlakukan blokade untuk mencegah AS dan sekutunya membantu Taiwan jika terjadi serangan. Demikian kata Wu dalam konferensi pers di Taipei.