Sunscreen Banana Boat Ditarik dari Pasaran, Ada Bahan Berbahaya?

Banana Boat Hair dan Scalp SPF 30 spray yang ditarik dari pasaran
Sumber :
  • self.com

VIVA Dunia – Sunscreen atau tabir surya memang menjadi salah satu produk skincare yang wajib dimiliki, untuk melindungi wajah dan tubuh dari sinar matahari yang berbahaya bagi kulit. Namun, kita juga harus pintar memilih sun screen mana yang cocok untuk kita, agar tak semakin merusak kulit. 

Arab Saudi Pernah Tarik Buku Pelajaran karena Cetak Gambar Raja Arab Rapat Dengan Yoda "Star Wars"

Nah, salah satu sunscreen yang banyak di pasaran dan banyak digunakan bernama Banana Boat, yang sudah ada sejak tahun 1976 . Namun, baru - baru ini, dikabarkan bahwa Sunscreen Banana Boat telah ditarik dari pasaran. Mengapa?

Melansir dari The Washington Post, perusahaan yang membuat Banana Boat Sunscreen, Edgewell Personal Care Company, menarik tiga batch Banana Boat Hair and Scalp Spray SPF 30 semprot mereka, setelah tinjauan internal menemukan kadar benzena dalam produk. 

Hong Kong Tarik Mie Sedaap Asal Indonesia, Karena Temuan Pestisida

Banana Boat Hair dan Scalp SPF 30 spray yang ditarik dari pasaran

Photo :
  • self.com

Food and Drug Administration atau FDA mengumumkan bahwa tingkat karsinogen yang tidak terduga terdeteksi dalam propelan yang menyemprotkan tabir surya dari kaleng, meskipun itu bukan bahan dalam tabir surya itu sendiri. Hal ini disampaikan secara official dalam siaran pers pada Jumat, 29 Juli 2022. 

Nampu Beach: a Breathtaking Beach in Wonogiri

"Meskipun benzena bukan bahan dalam produk Banana Boat, tinjauan menunjukkan bahwa kadar benzena yang tidak terduga berasal dari propelan yang menyemprotkan produk dari kaleng," jelas Edgewell. 

Menurut FDA, Benzena diklasifikasikan sebagai zat karsinogen yang dapat tertelan melalui inhalasi, kulit atau oral. Paparan jangka panjang dan berulang terhadap bahan kimia pada tingkat yang cukup tinggi ini dapat menyebabkan leukemia atau kanker lainnya. Dalam jangka pendek, mereka yang terpapar mungkin akan mengalami pusing, detak jantung tidak teratur atau gejala lainnya yang membuat tidak nyaman.

FDA mengatakan bahwa produsen tabir surya milik Edgewell Personal Care ini belum melihat adanya “efek samping” terkait penarikan tersebut, dan mencatat bahwa paparan harian terhadap jumlah benzena yang ditemukan dalam produk yang ditarik tidak akan menyebabkan kesehatan yang merugikan.

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.

Photo :
  • Freepik/freepik

“Benzena ada di mana-mana di lingkungan kita,” tulis FDA dalam sebuah “Manusia di seluruh dunia terkena paparan harian terhadap benzena di dalam dan di luar ruangan dari berbagai sumber. Ini juga ditemukan dalam bensin, karet, lilin dan berbagai produk lainnya" lanjut tulisan itu. 

Dengan adanya temuan zat karsinogen itu dan penarikan secara masif, pihak Edgewell menawarkan penggantian uang penuh bagi siapa saja yang membeli produk ini. Hingga saat ini, tidak ada laporan pelanggan yang mengalami cedera atau kematian terkait dengan produk tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya