5 Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan yang Mencolok

 Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in.
Sumber :
  • Korea Summit Press Pool via AP, File

VIVA Dunia - Perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan. Kedua negara tersebut awalnya bersatu. Namun karena perang saudara akhirnya terpecah menjadi dua bagian. Pada dasarnya Korea Utara dan Korea Selatan merupakan satu rumpun, namun paham yang berseberangan membuat menghasilkan pemandangan kontrak dari kedua negara tersebut.

Korea Utara merupakan negara komunis yang bersekutu dengan Tiongkok. Sementara Korea Selatan jelas merupakan negara yang menganut sistem kapitalis dan bersekutu dengan Amerika Serikat, maka perbedaan mencolok bisa dilihat dengan sangat mudah.

Berikut beberapa fakta perbedaan Korea Utara dan Korea Selatan yang mencolok, seperti dilansir dari Channel Youtube Data Fakta, sebagai berikut:

1. Mata Uang

Mata uang.

Mata uang.

Photo :
  • U-Report

Berapa besaran 1 Won jika dikonversikan ke rupiah. Namun hal ini harus diperjelas. Pasalnya kedua negara tersebut sama-sama memiliki nama mata uang yang sama. Akan tetapi berbeda nominal jika dikonversikan ke dalam rupiah. Sebab perlu diketahui meskipun keduanya sama-sama menggunakan mata uang won, namun kode iso dan kurs keduanya sangat berbeda.

Won kode Korea Selatan berkode KRW sedangkan Korea Utara menggunakan kode KPW. Selain itu Kedua negara tersebut memiliki kurs masing-masing, mengingat setiap negara pasti memiliki kebijakan ekonominya sendiri.

2. Olahraga

Perenang China, Ye Shiwen meraih medali emas di Olimpiade 2012

Perenang China, Ye Shiwen meraih medali emas di Olimpiade 2012

Photo :
  • Zimbio

Sejak keikutsertaan dalam Olimpiade pada tahun 1964, Korea Utara sudah mengumpulkan 56 medali Olimpiade termasuk 16 medali emas, Korea Utara unggul dalam angkat besi, gulat dan tinju.

Sementara Korea Selatan tergila-gila dengan sepak bola dan baseball, namun sejauh ini Taekwondo menjadi olahraga yang dipraktekkan di seluruh Korea Selatan sekaligus berkontribusi besar terhadap Olimpiade. Korea Selatan telah unggul dari segi medali yang sudah terkumpul sebanyak 337 medali dengan 121 diantaranya medali emas.

3. Bandara

Bandara Incheon Korea Selatan

Bandara Incheon Korea Selatan

Photo :
  • http://www.skyscrapercity.com

Seorang photografer asal Belanda bernama, Arthur Mebius pernah memotret suasana Bandara di Korea Utara maupun kru pesawat Korea Utara. Hasilnya ketika semakin tahu, kehidupan di Korea Utara cenderung tertutup dari dunia luar. Hanya ada beberapa Bandara, hal itu pun sangat sepi penumpang. Penerbangannya pun hanya diizinkan kedua tujuan yaitu ke Tiongkok dan Vladivostok Rusia.

Sementara itu Bandara terbesar di Korea Selatan yaitu Bandara Internasional Incheon menjadi tempat yang melayani banyak penerbangan setiap harinya dan menjadikan Bandara tersibuk di dunia.

4. Travel Paspor

Paspor Korea Festival 2018

Paspor Korea Festival 2018

Photo :
  • VIVA/Zahrotustianah

Berdasarkan rilis Imigrasi dunia, bahwa Korea Selatan menempati urutan kedua sebagai negara dengan paspor terkuat di dunia. dimana warga negaranya dapat bepergian ke 190 negara tanpa visa. Sementara Korea Utara termasuk daftar paspor terlemah di dunia dengan menempati urutan 104, warga Korea Utara hanya mampu mengakses 39 negara tanpa visa.

Pemerintah Korea Utara pun membatasi warganya untuk bepergian, bahkan untuk melintas ke kota pun harus mendapatkan izin dari pemerintah terlebih dahulu.

5 Mode dan Kecantikan

Tren model rambut ala Korea

Tren model rambut ala Korea

Photo :
  • Koreaboo

Pemerintah Korea Utara menutup segala kemajuan modernisasi dari dunia luar. Hal inilah yang membuat korea Utara ketertinggalan yang cukup jauh dari Korea Selatan dilihat dari segi fashion, gaya berbusana dan gaya rambut.

Perempuan di Korea Utara dilarang menggunakan celana jean dan diperbolehkan menggunakan 18 gaya rambut yang sudah ditetapkan oleh pemerintahan Korea Utara. Namun hal sebaliknya dengan Korea Selatan, bahakna negara Korea Selatan menjadikan kiblat fashion untuk sebagian negara termasuk Indonesia.