Gambar Satelit 8 Pesawat Rusia di Pangkalan Udara Krimea Hancur Lebur

Gambar satelit memperlihatkan pesawat yang hancur akibat ledakan di pangkalan udara Krimea.
Gambar satelit memperlihatkan pesawat yang hancur akibat ledakan di pangkalan udara Krimea.
Sumber :
  • Planet Labs PBC.

VIVA Dunia – Gambar satelit tampaknya menunjukkan kerusakan parah dan beberapa pesawat tempur Rusia yang hancur di pangkalan udara Krimea menyusul ledakan awal pekan ini. Pangkalan Saky di barat Krimea yang dikuasai Rusia diguncang oleh serangkaian ledakan pada Selasa, 9 Agustus 2022, dan menewaskan satu orang.

Melansir dari BBC, Kamis, 11 Agustus 2022, gambar-gambar dari Planet Labs yang berbasis di Amerika Serikat (AS), menunjukkan area luas itu hangus akibat dari kebakaran yang meletus. Landasan pacu utama pangkalan tampaknya masih utuh, tetapi setidaknya delapan pesawat rusak dan hancur, dengan beberapa kawah terlihat jelas.

Kebanyakan dari mereka berada di area spesifik pangkalan. Sejumlah besar pesawat diparkir di tempat terbuka, jauh dari penutup hanggar.

Ilustrasi ledakan.

Ilustrasi ledakan.

Photo :
  • ANTARA FOTO

Gambar sebelum dan sesudah dari Planet Labs, yang memantau ratusan umpan satelit di atas Ukraina, adalah konfirmasi independen pertama bahwa pangkalan itu mungkin telah rusak. Hingga saat ini, rincian tentang sejauh mana dampak ledakan itu masih abu-abu.

Selain itu, masih belum jelas bagaimana pangkalan itu rusak atau karena apa. Rusia bersikeras bahwa ledakan itu disebabkan oleh amunisi yang meledak di sebuah toko karena aturan keselamatan kebakaran yang dilanggar.

Ukraina juga belum mengaku bertanggung jawab, dan menteri pertahanannya menyatakan bahwa tentara Rusia yang ceroboh bisa disalahkan.