Asean Sepakat Percepat Proses Keanggotaan Timor Leste

Presiden Joko Widodo dan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta di Istana Bogor
Presiden Joko Widodo dan Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta di Istana Bogor
Sumber :
  • Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden

VIVA Dunia – Para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sepakat untuk mempercepat proses permohonan keanggotaan Timor Leste ke perhimpunan tersebut. Kesepakatan itu ditegaskan dalam komunike bersama yang dirilis usai Pertemuan Menlu ASEAN (AMM) di Kamboja pekan lalu.

“Mudah-mudahan dengan adanya komitmen politik tertulis dalam joint communique ini pertanda sudah waktunya Timor Leste segera masuk menjadi anggota ASEAN,” kata Kepala Biro Strategis Pimpinan Kementerian Luar Negeri RI Achmad Rizal Purnama dalam pengarahan media secara daring, Kamis 11 Agustus 2022, dilansir Antara, Jumat 12 Agustus 2022.

Rizal menjelaskan bahwa proses pengajuan diri Timor Leste menjadi anggota ASEAN sudah berlangsung selama 10 tahun terakhir, dengan adanya misi pencari fakta yang menilai kesiapan negara tersebut berdasarkan tiga pilar pencapaian komunitas ASEAN, yaitu politik-keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

ASEAN Ministerial Meetings 2022 di Soka Phnom Penh Hotel Kamboja

ASEAN Ministerial Meetings 2022 di Soka Phnom Penh Hotel Kamboja

Photo :
  • Istimewa

Saat ini, hasil penilaian dari ketiga pilar itu telah selesai dan dilaporkan ke pertemuan tingkat menteri yang membawahi kerja dari misi pencari fakta tersebut.

“Setelah ini akan ada penilaian menyeluruh terkait rencana masuknya Timor Leste menjadi anggota ASEAN. Mudah-mudahan proses ini dapat bergulir lebih cepat,” tutur Rizal.

Rizal, yang turut mendampingi Menlu Retno Marsudi selama gelaran AMM, juga menegaskan bahwa Indonesia memandang penting bergabungnya Timor Leste ke ASEAN berdasarkan pertimbangan geopolitik strategis.