Ulama Ternama Taliban Tewas Dibom Jihadis dengan Kaki Palsu

Ledakan di Kabul menghancurkan mobil dan rumah
Sumber :
  • Video BBC

VIVA Dunia – Ulama terkemuka Afghanistan Syekh Rahimullah Haqqani tewas dalam serangan bom bunuh diri di Kabul, Afghanistan. Diketahui bahwa Syekh Rahimullah Haqqani merupakan ulama pendukung Taliban namun di sisi lain dia juga setuju dengan pendidikan bagi perempuan.

Gus Yahya Sebut Rencana Paus Fransiskus Kunjungi Indonesia Sudah Didengar Sejak 2018

Menurut keterangan dari pihak Taliban sebagaimana dilansir BBC.com, Jumat 12 Agustus 2022, Syekh Rahimullah Haqqani diduga memang sudah ditargetkan oleh seorang pria yang sengaja mengikatkan peledak di tubuhnya dan meledakkan diri di jangkauan yang bisa menewaskan ulama tersebut. Pelaku menggunakan kaki palsu dan bom itu disebut disembunyikan di dalamnya.

Ekstremis Negara Islama atau ISIS Kohrasan di Afghanistan mengaku menjadi pelaku dan otak dibalik pengeboman yang disebut terjadi di dalam kantor itu. Sejak beberapa lama ISIS Kohrasan memang disebut menargetkan para ulama di sana.

Rupanya Denny Caknan Konsultasi dengan Ulama Sebelum Nikahi Bella Bonita

Namun berdasarkan media lokal, ledakan maut itu terjadi di seminari Islam di Kabul.

Syekh Rahimullah Haqqani merupakan ulama Taliban yang memang sering mengkritik ISIS atau IS Khorasan yang merupakan organisasi teroris itu. ISIS di sana diberi nama Kohrasan karena berafiliasi dengan jihadis dari Provinsi Kohrasan di Afghanistan.

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Ulama Rahimullah Haqqani merupakan salah satu figur yang sentral yang tewas terbunuh sejak Taliban mengambil alih pemerintahan Afghanistan pada tahun lalu.

KH Bahauddin Nursalim atau Gus Baha

Gus Baha Ingatkan Semua Orang Agar Ingat Mati Tapi Tetap Semangat Hidup

KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha merupakan salah satu ulama yang dikenal sebagai ahli tafsir dan pakar Al Quran hingga mendapat julukan 'manusia Quran'.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024