Studi Ungkap Faktor-faktor Utama Naiknya Risiko Resesi Eropa

Ilustrasi mata uang euro.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Dunia – Sebuah studi yang diterbitkan oleh Institut Ekonomi Jerman (IW) pada Kamis (11/8/2022), menunjukkan bahwa berbagai krisis seperti pandemi COVID-19 dan konflik Rusia-Ukraina telah meningkatkan risiko resesi di Eropa.

4 Negara Eropa Ini Bersumpah Siap Akui Palestina sebagai Negara Merdeka, Ini Alasannya

Sementara pendekatan nasional untuk krisis besar "dapat dimengerti," dalam konflik Rusia-Ukraina saat ini, ini berisiko "perbedaan progresif dalam pembangunan ekonomi," kata studi tersebut. Ditambahkan pula bahwa memperkuat "ketidakseimbangan antara ekonomi" yang disebabkan oleh krisis akan membawa Uni Eropa (UE) "di ambang resesi".

Tahun lalu, Uni Eropa mengadopsi paket pemulihan 800 miliar euro (826 miliar dolar AS) untuk mengatasi dampak pandemi. Spanyol dan Italia, dua negara yang paling terpukul, menerima bagian terbesar masing-masing sebesar 77 miliar euro dan 70 miliar euro dalam bentuk bantuan yang tidak dapat dibayar kembali.

PPP Ajukan Gugatan Pada 18 Provinsi ke MK Karena Merasa Suara Hilang di Pemilu 2024

Meskipun program tersebut tampaknya memberikan insentif positif bagi investasi swasta di blok tersebut, pemulihan berbentuk V yang cepat atau sangat diharapkan tidak terwujud, kata studi tersebut.

Negara-negara Uni Eropa terpukul ke tingkat yang berbeda dan di beberapa negara anggota seperti Jerman, Spanyol dan Italia, pengeluaran konsumen swasta atau produksi industri masih di bawah tingkat sebelum krisis. Selain itu, tingkat inflasi yang sudah tinggi "lebih didorong oleh guncangan harga energi eksogen," catat IW.

Tidak Batasi Siapa yang Ingin Bertemu, PPP: Apalagi Prabowo dan Partai Gerindra

Didorong oleh melonjaknya harga energi, inflasi di Uni Eropa naik menjadi 9,6 persen pada Juni. Tingkat tertinggi tercatat di Estonia dan Lithuania, lebih dari 20 persen. Di Jerman, tren kenaikan sedikit melambat pada Juli menjadi 7,5 persen, menurut data resmi.

Untuk mengekang tingkat inflasi yang tinggi, Bank Sentral Eropa (ECB) telah menaikkan suku bunga utamanya. Setelah langkah pertama sebesar 0,5 poin persentase pada Juli, lebih banyak lagi yang akan menyusul.

"Ini adalah kenaikan suku bunga pertama dalam 11 tahun. Tapi sebenarnya ini hanya langkah terakhir dalam perjalanan kami untuk melepaskan langkah-langkah khusus yang harus kami ambil untuk melawan serangkaian krisis," kata Presiden ECB Christine Lagarde pada Juli.

Namun, efek langsung dari kenaikan suku bunga tidak mungkin, menurut IW. Sebaliknya, intervensi ECB bahkan dapat meningkatkan risiko resesi. "Stagflasi adalah risiko nyata di Eropa," institut itu memperingatkan.

Setelah krisis energi, ekonomi besar dengan pangsa industri yang tinggi seperti Jerman dapat tertinggal, sementara itu akan menjadi "semakin sulit bagi perusahaan-perusahaan untuk menjaga ekonomi tetap produktif dan kompetitif," IW memperingatkan.

"Dalam jangka panjang, dalam kasus terburuk, ini akan menyebabkan migrasi seluruh industri ke luar negeri." (Ant/Antara)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya