Ledakan di Krimea Gerus Armada Jet Tempur Rusia di Laut Hitam

Gambar satelit memperlihatkan pesawat yang hancur akibat ledakan di pangkalan udara Krimea.
Gambar satelit memperlihatkan pesawat yang hancur akibat ledakan di pangkalan udara Krimea.
Sumber :
  • Planet Labs PBC.

VIVA – Sederet ledakan di pangkalan udara militer Saki milik Rusia di Krimea barat pekan ini membuat Moskow kehilangan delapan jet tempur, sehingga mengurangi armada penerbangan angkatan lautnya di Laut Hitam, kata Inggris pada Jumat 12 Agustus 2022.

Meskipun jet-jet yang rusak hanya sebagian kecil dari keseluruhan armada itu, Inggris mengatakan bahwa kemampuan Rusia di Laut Hitam akan terpengaruh, karena Saki dijadikan basis operasi utama.

Pangkalan udara tersebut kemungkinan masih berfungsi, namun daerah operasinya mengalami kerusakan serius, tulis Kementerian Pertahanan Inggris dalam buletin intelijen rutin di Twitter.

Ledakan di basis militer Rusia di Novofedorivka, Krimea berdampak ke resor wisata

Ledakan di basis militer Rusia di Novofedorivka, Krimea berdampak ke resor wisata

Photo :
  • UGC via AP

Ledakan tersebut, yang menurut Rusia telah menewaskan satu orang dan melukai lima lainnya, akan mendorong militer Rusia untuk merevisi persepsi ancaman di kawasan itu, kata Kemhan Inggris.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky yang merujuk pada ledakan itu dalam pidato malamnya mengatakan bahwa hari itu penjajah kehilangan 10 pesawat tempur, 9 di antaranya di Krimea dan satu lagi di Zaporizhzhya.

Gambar satelit menunjukkan bahwa setidaknya delapan pesawat tempur Rusia telah rusak atau hancur dalam serangan itu, meskipun Rusia mengklaim bahwa tidak ada yang terpengaruh dari ledakan tersebut. Sementara itu, Kementerian Pertahanan Ukraina mengunggah gambar asap membubung di atas Desa Novofedorivka. (Ant/Antara)