6 Fakta Kosovo, Negara yang Tidak Diakui Dunia

bendera Kosovo
bendera Kosovo
Sumber :
  • Wikimedia/Blerimuka

VIVA Dunia – Sebuah negara bisa diakui oleh dunia berdasarkan dua kategori yakni de jure (sesuai hukum) dan de facto (kenyataan). Namun hingga saat ini masih ada sejumlah negara yang hanya diakui oleh satu atau segelintir negara lain.

Jika suatu negara tidak diakui secara penuh, akan sulit untuk bertindak dalam hal membuat perjanjian dan hubungan diplomatik. Salah satu negara yang tidak diakui penuh adalah Kosovo.

Kosovo merupakan sebuah negara yang berada di sebelah tenggara Eropa. Pengakuan berdirinya negara ini masih terbatas dan ditentang oleh Serbia

Berdasarkan Resolusi Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kosovo masih dianggap bagian dari negara Serbia walaupun telah diakui 108 dari 195 negara anggota PBB dan beberapa organisasi internasional lainnya. Mereka memerdekakan diri dari Serbia pada tahun 2008. Selain itu, masih ada fakta menarik lainnya dari Kosovo. Dihimpun VIVA dari Discover Cee, berikut 6 fakta Kosovo.

Populasi termuda di Eropa

ilustrasi penduduk Kosovo

ilustrasi penduduk Kosovo

Photo :
  • Liridon/Wikimedia

Lebih dari 70 persen populasi Kosovo berusia di bawah 30 tahun per tahun 2021. Hal tersebut menjadikan Kosovo negara termuda di seluruh Eropa dengan usia rata-rata penduduk Kosovo hanya 29,1 tahun.

Bendera yang tidak biasa

bendera Kosovo

bendera Kosovo

Photo :
  • Albinfo/Wikimedia

Kosovo menggunakan peta negaranya sebagai desain bendera. Ini menjadikan salah satu dari dua negara (lainnya adalah Siprus) yang benderanya berfungsi ganda sebagai representasi geografis karena menunjukkan siluet negara.

Dua bahasa resmi

anak perempuan di Kosovo

anak perempuan di Kosovo

Photo :
  • Zeke/Wikimedia

Kosovo memiliki dua bahasa resmi yakni Bahasa Albania dan Bahasa Serbia. Sekitar 90 persen populasi berbicara dalam Bahasa Albania sebagai bahasa ibu. Selain dua bahasa itu, penduduk juga berbicara dengan Bahasa Slavia Selatan dan Bahasa Turki. 

Transaksi dengan mata uang euro

Ilustrasi mata uang euro.

Ilustrasi mata uang euro.

Photo :
  • Pixabay

Walaupun Kosovo bukan anggota Uni Eropa, mereka menggunakan euro sebagai mata uang resmi. Namun sebagian wilayah juga menggunakan mata uang Dinar Serbia. 

Populer dengan Marble Cave

Marble Cave, Kosovo

Marble Cave, Kosovo

Photo :
  • Wikimedia/Flamur Murati

Di Kosovo ada banyak gua batu kapur dan tempat persembunyian. Tempat yang terkenal adalah Marble Cave (Gua Marmer). Gua tersebut ditemukan oleh Ahmet Asllani pada tahun 1966 ketika sedang bekerja di kebunnya. Hingga saat ini, sebagian besar gua masih belum dijelajahi.

Kecil namun banyak hutan

Taman Nasional Germia, Kosovo

Taman Nasional Germia, Kosovo

Photo :
  • FidanKolgeci/Wikimedia

Kosovo adalah negara Balkan terkecil namun sebagian besar negaranya adalah hutan. Faktanya, lebih dari 40 persen lahan negara ini adalah hutan dan penuh dengan pepohonan. Sebagian besar hutan terletak di barat daya Kosovo termasuk pinggiran Peja, Deçan, Istok, Junik dan Gjakova.