Joe Biden Ucapkan Selamat Hari Kemerdekaan ke Rakyat Indonesia

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.
Sumber :
  • AP Photo/Manuel Balce Ceneta

VIVA Dunia – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo dan seluruh rakyat Indonesia atas peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, pada 17 Agustus 2022.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Bapak Presiden (Indonesia) Yang Terhormat, atas nama Amerika Serikat dan rakyat Amerika, saya mengucapkan selamat kepada Bapak dan rakyat Indonesia yang merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus," kata Biden dalam pernyataan tertulisnya, pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Biden menjelaskan, sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia, AS dan Indonesia merayakan tonggak peringatan ini di tengah sejarah panjang bersama yang dibangun di atas visi bersama kedua negara yaitu "Bhinneka Tunggal Ika" dan "E Pluribus Unum."

Prabowo dan Gibran Bakal Temui Jokowi Nanti Malam

Presiden Jokowi menghadiri jamuan santap malam antara pemimpin negara-negara ASEAN dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Gedung Putih, Washington.

Photo :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Motto ini menggarisbawahi pentingnya inklusivitas dalam membangun jembatan antara masyarakat AS dan Indonesia yang beragam.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

"Pada Hari Kemerdekaan Indonesia ini, saya menantikan kerja sama yang akan dilakukan kedua negara kita untuk memajukan komitmen bersama terkait demokrasi dan bekerja untuk membangun kawasan Indo-Pasifik yang damai, sejahtera, dan tangguh."

Biden mengatakan bahwa AS turut merayakan hari Kemerdekaan RI bersama Presiden Indonesia Jokowi sebagai sahabat dan mitra strategis AS.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengungkapkan peran Indonesia yang semakin aktif dalam kancah politik internasional. Jokowi dalam pidato kenegaraan kembali menyinggung perihal kunjungannya ke dua negara yang sedang berperang Ukraina dan Rusia. 

Meski dua negara itu sedang berkonflik namun sama-sama menghargai dan mau menerima Indonesia. Hal itu menjadi cerminan wajah kepemimpinan Indonesia.

Pidato Presiden Joko Widodo di Sidang Tahunan MPR 2022

Photo :
  • Youtube Sekretariat Presiden

"Indonesia diterima Rusia dan juga diterima Ukraina sebagai jembatan perdamaian," kata Presiden Jokowi di acara Sidang Tahunan MPR bersama DPR-RI di Jakarta, Selasa 16 Agustus 2022.

"Diterima negara-negara besar walaupun geopolitik sedang panas dan juga dipercaya PBB sebagai bagian dari global crisis respond group untuk penanganan krisis global baik krisis pangan, krisis energi maupun krisis keuangan," lanjut Jokowi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya