Rayakan HUT ke-77 RI, Balai Kota San Francisco Bercahaya Merah Putih

Balaikota San Francisco bercahaya merah putih untuk menghormati HUT ke-77 RI.
Sumber :
  • KJRI San Fransisco

VIVA Dunia – Kota San Francisco turut memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia. Lagu Kebangsaan Indonesia Raya pun turut dikumandangkan bersama pengibaran bendera Merah putih di Balai Kota San Francisco.

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Konjen RI San Francisco Prasetyo Hadi menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota San Francisco yang turut memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia. Hal itu dikemukakan Hadi dalam sambutannya, di sela-sela pengibaran bendera di Balai Kota San Fransisco, 16 Agustus 2022 waktu setempat. 

“Atas nama negara dan bangsa Indonesia, kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota San Francisco yang turut memperingati HUT ke-77 Republik Indonesia dan telah menjadi bagian dari kemeriahan rangkaian kegiatan peringatan kemerdekaan negara kita tercinta pada tahun ini," ujar Hadi seperti dilansir dalam siaran pers KJRI San Fransisco, Rabu, 17 Agustus 2022.

Ribuan Prajurit dan Alutsista TNI AD Dikerahkan ke IKN untuk Peringatan HUT RI ke-79

Pengibaran bendera Merah Putih di Balaikota San Francisco, Amerika Serikat.

Photo :
  • KJRI San Fransisco

Peringatan kemerdekaan Indonesia kali ini membawa arti penting karena tidak hanya dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintah daerah di Kota San Francisco tetapi juga sejumlah korps diplomatik, para kepala perwakilan negara asing. 

Groundbreaking Jambuluwuk Nusantara Hotel, Jokowi Harap Ada Hotel di IKN Rampung Sebelum HUT RI

Turut hadir juga beberapa mitra kerja KJRI San Francisco dari berbagai kalangan, baik Pemerintah Federal AS maupun kelompok bisnis, akademisi, tokoh masyarakat, diaspora dan para ‘Indonesianis’ lokal dengan berbagai latar belakang yang beragam, seperti akademisi, seniman, dan tokoh organisasi masyarakat Asia. 

Dalam upacara pengibaran bendera Merah Putih tersebut, Wali Kota Pemerintah San Francisco, London N. Breed menyampaikan Piagam Proklamasi kepada KJRI San Francisco. Piagam berisi ucapan selamat dari kota dan masyarakat San Francisco atas HUT kemerdekaan Republik Indonesia ke-77. Piagam tersebut juga mendeklarasikan 17 Agustus 2022 sebagai Hari Persahabatan dan Warisan Indonesia-Amerika di San Francisco (Indonesian-American Friendship and Heritage Day).

Balaikota San Francisco, AS, bercahaya merah putih untuk menghormati HUT ke-77 RI.

Photo :
  • KJRI San Fransisco

“Pengibaran bendera Merah Putih di Balaikota (City Hall) San Francisco tidak hanya untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, tetapi juga sebagai kebanggaan kita yang bertugas di wilayah kerja San Francisco karena apresiasi dan tradisi penghormatan yang tinggi oleh Pemerintah San Francisco kepada korps diplomatik yang bertugas," ujar Prasetyo. 

Sejalan dengan hal itu, Mark Chandler, Direktur Kantor Wali Kota San Francisco, yang menjadi tuan rumah dalam pengibaran bendera Merah Putih, mengungkapkan bahwa Indonesia adalah mitra strategis Amerika Serikat di kawasan Asia. Kerja sama Indonesia dengan berbagai pihak di San Francisco saat ini semakin beragam dan menunjukkan dekatnya hubungan kedua negara.

“Kami di San Francisco menyaksikan bahwa hubungan kerja sama dengan Pemerintah Indonesia termasuk dengan KJRI San Francisco saat ini semakin erat, tidak hanya di bidang ekonomi, tetapi juga pariwisata, sosial budaya hingga pendidikan," ujar Chandler.

Kegiatan pengibaran bendera negara asing di Balaikota San Francisco merupakan tradisi yang telah berlangsung sejak 2007. Pemerintah San Francisco senantiasa menawarkan kepada perwakilan negara asing di wilayahnya untuk mengibarkan benderanya di balai kota pada hari besar nasionalnya. 

“Atas pendekatan KJRI San Francisco kepada Pemerintah Kota, untuk tahun ini peringatan HUT RI di Balai Kota San Francisco terkesan sangat spesial," ujar Konjen Prasetyo Hadi. 

Hadi menambahkan, "Karena tidak hanya terdiri dari pengibaran bendera Merah Putih tetapi Pemerintah Kota San Francisco juga bersedia menyalakan cahaya berwarna merah putih di seluruh gedung balai kota pada 17 Agustus 2022, untuk menghormati kemerdekaan Indonesia."

Dengan momentum peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-77 ini, KJRI San Francico mengajak kepada seluruh masyarakat dan diaspora Indonesia di wilayah kerja untuk senantiasa menjaga tali persaudaraan, persatuan dan kesatuan, serta kerukunan. Sebab, semua itu merupakan modal penting untuk bergerak demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia di tengah tantangan yang semakin meningkat.

"Kita terus kembangkan dan pertahankan profil positif bangsa Indonesia yang demokratis, toleran, sebagai sebagai bangsa yang besar dengan kekayaan keberagaman masyarakat Indonesia yang plural," ujar Hadi.

Konsul Pensosbud, Mahmudin Nur Al-Gozaly, menjelaskan bahwa peringatan kemerdekaan Indonesia di Balai Kota San Francisco menjadi salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT RI ke-77 oleh KJRI San Francisco yang melibatkan berbagai spektrum kalangan luas. Hal ini dimaksudkan untuk menambah kemeriahan dan kesemarakan dalam upaya memperingati lahirnya negara Republik Indonesia.

Laporan Yanri Subekti (tvOne/ Amerika Serikat)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya