Upacara HUT ke-77 RI di KBRI Washington DC, Khidmat dan Meriah

Upacara HUT ke-77 RI di Washington DC, Amerika Serikat.
Sumber :
  • tvOne/ Yanri Subekti (Amerika Serikat)

VIVA Dunia – Halaman Wisma Indonesia, Rumah Dinas Dubes RI di Washington DC, Amerika Serikat kembali dipenuhi oleh diaspora Indonesia, untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Pembacaan Teks Proklamasi.

Menteri Basuki: ASN Pindah ke IKN Usai Upacara 17 Agustus

Berbeda dengan dua tahun berturut-turut sebelumnya, karena pandemi jumlah peserta maupun petugas upacara bendera dibatasi.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang beranggotakan pelajar-pelajar keturunan dari staf maupun karyawan KBRI Washington DC, keturunan dari diaspora Indonesia yang menetap di Amerika Serikat, serta mahasiswa yang sedang kuliah di negeri Paman Sam.

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Upacara HUT ke-77 RI di Washington DC, Amerika Serikat.

Photo :
  • tvOne/ Yanri Subekti (Amerika Serikat)

Jumlahnya pun jauh lebih banyak, yaitu 17 pelajar, dibanding tahun lalu yang hanya tiga orang. Pasukan pengibar bendera, yang beranggotakan pelajar setara SLTP hingga mahasiswa tahun pertama, pun tidak hanya berasal dari kota Washington DC, namun dari beberapa kota di Negata Bagian Maryland, Virginia dan bahkan dari Kota New York. 

Saling Sindir, Joe Biden Olok-olok Donald Trump Tua dan Suntik Putih

Demikian juga puluhan anak-anak hingga remaja, berusia 4 hingga 18 tahun, yang mengenakan beragam pakaian daerah di Tanah Air, tim Aubade yang membawakan sejumlah lagu-lagu perjuangan dan daerah, terlihat duduk berdekatan dan sebagian besar tanpa masker.

Selain pegawai dan staf KBRI, diaspora Indonesia dan sejumlah mahasiswa serta beberapa taruna AAL dan perwira TNI yang sedang tugas belajar di sekitar Washington DC. Selain itu, terlihat dua orang anggota Marinir AS yang ikut berpartisipasi pada Upacara HUT ke 77 RI yang bertema Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat.

Upacara HUT ke-77 RI di Washington DC, Amerika Serikat.

Photo :
  • tvOne/ Yanri Subekti (Amerika Serikat)

Upacara juga digelar di lima kantor perwakilan RI atau KJRI, yaitu di Kota Chicago, Houston, Los Angeles, New York dan San Fransisco.

Upacara penyimpanan bendera yang juga dipimpin oleh Dubes RI untuk Washington DC, Rosan Roeslani, juga dilakukan.

Sebelumnya, berbagai perlombaan khas menyambut HUT RI pun digelar di sana. 

Rencananya, pada Minggu, 21 Agustus 2022 mendatang, di tempat yang sama, akan digelar bazar dan panggung gembira.

Laporan Yanri Subekti (tvOne/ Amerika Serikat)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya