Seperti Indonesia, 8 Negara Rayakan Hari Kemerdekaan di Bulan Agustus

Merayakan HUT Kemerdekaan di Gunung Kerinci
Sumber :
  • pegipegi

VIVA Dunia – Indonesia merayakan atau memperingati ulang tahun hari kemerdekaannya setiap tanggal 17 di bulan Agustus. Ternyata selain negara kita, Indonesia, Ada loh negara-negara yang sama-sama merayakan kemerdekaan mereka di bulan agustus juga.

Menpan-RB Sebut ASN 38 Kementerian-Lembaga Prioritas Pindah ke IKN setelah Agustus

Penasaran negara mana saja? Simak ulasan Viva yang dilansir dari berbagai sumber sebagai berikut.

1. Swiss

Menteri Basuki Sebut Presiden Baru Akan Dilantik di IKN

Pontifical Swiss Guard atau Pengawal Swiss Kepausan

Photo :
  • Britanicca

Swiss merayakan hari kemerdekaan setiap tanggal 1 Agustus. Pada tanggal tersebut, tiga negara bagian Swiss, yakni Uri, Schwyz, dan Unterwalden bergabung pada tahun 1291. Berdasarkan situs resmi pemerintah Swiss, aliansi tersebut merupakan bagian terpenting dalam perkembangan negara hingga saat ini.

Ribuan Prajurit dan Alutsista TNI AD Dikerahkan ke IKN untuk Peringatan HUT RI ke-79

2. Singapura

VIVA Militer: Kapal perang TNI AL melintas di Selat Singapura

Photo :
  • Dispen Koarmada II

Singapura meraih kemerdekaan pada 9 Agustus 1965. Berdasarkan situs resmi pemerintah, Singapura merayakan kemerdekaan mereka dengan Parade Hari Nasional. Parade ini dipenuhi dengan acara militer, lagu berbagai budaya, dan pertunjukan tari.

Sebelum Kemeriahan Hari Kemerdekaan Singapura, Perdana Menteri Lee Hsien Loong sempat membahas kemungkinan terjadinya salah hitung imbas tensi di Selat Taiwan.

"Di sekitar kita, badai berkumpul. Hubungan Amerika Serikat-China semakin buruk, dengan masalah yang memecahkan, kecurigaan yang mendalam, dan keterlibatan yang terbatas," kata Lee dalam pernyataan televisi pada 8 Agustus 2022.

3. Pakistan

Pakistan

Photo :

Pakistan merayakan hari kemerdekaan pada 14 Agustus. Berbagai upacara dilangsungkan dalam acara ini. Al Jazeera menyebutkan bahwa, upacara kemerdekaan di Karachi berlangsung di makam Muhammad Ali Jinnah, yang merupakan pendiri negara itu.

"Hari ini, kita tak boleh melupakan saudara Kashmir kita yang hidup di bawah pemerintahan barbar India. Kita terus menemukan kebebasan mereka," kata Menteri Kepala Provinsi Sindh, Muhammad Ali Jinnah, saat menghadiri makam Jinnah dalam upacara pada Minggu, 14 Agustus 2022 .

4. Korea Selatan

Seoul, Korea Selatan

Photo :
  • unsplash,com

Tepat dua hari sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 15 Agustus 1945, Korea Selatan merdeka. Hari Kemerdekaan Korea Selatan disebut juga Gwangbokjeol, yang secara harafiah berarti “Pemulihan Hari Cahaya.” Warga Korea Selatan merayakan kebahagiaan mereka setelah 35 tahun berada di bawah jeratan Jepang.

Selain itu, tanggal 15 Agustus juga diperingati sebagai hari pembentukan pemerintah Korea Selatan yang pertama. Hari pembentukan pemerintah Korea Selatan itu terjadi tiga tahun setelah kemerdekaan, yakni pada 15 Agustus 1948.

5. India

Bendera India.

Photo :
  • Patrica.com

Tanggal kemerdekaan India jatuh pada 15 Agustus. India sendiri bebas dari Penjajahan Inggris pada 1947, setelah selama 190 tahun. Saat memberikan pidato kemerdekaan India pada Senin 15 Agustus 2022, Perdana Menteri Narendra Modi mengatakan bakal negara maju dalam 25 tahun.

"Kita harus mengubah India menjadi negara maju dalam 25 tahun kedepan, saat kita hidup. Itu merupakan resolusi besar, dan kita harus bekerja untuk mencapainya dengan semua kekuatan kita," ujar Modi, sebagaimana dalam lansiran di Aljazeera.

6. Ukraina

Bendera Ukraina berkibar di tengah Kota Kharkiv kota kedua terbesar di negara

Photo :
  • AP Photo/Evgeniy Maloletka

Ukraina merayakan kemerdekaannya dari Uni Soviet pada 24 Agustus, dikutip dari situs resmi Universitas Harvard.

Meski begitu, kemerdekaan Ukraina tahun ini kemungkinan akan digelar dengan perang, mengingat Rusia masih menginvasi negara itu hingga hari ini. Invasi Rusia di Ukraina dimulai pada Februari 2022, saat Presiden Vladimir Putin mengumumkan operasi militer ke negara itu.

7. Moldova

VIVA Militer: Kapal tanker Moldova hancur dihantam rudal Kh-31 militer Rusia

Photo :
  • navalnews.com

Moldova, salah satu negara yang sempat menjadi bagian Uni Soviet, merayakan peringatan kemerdekaan mereka pada 27 Agustus. Seperti halnya Radio Free Europe, meriahkan ini dipenuhi dengan parade kostum rakyat, bicara perut pemimpin negara, pun konser ibu kota negara itu, Chisinau.

8. Malaysia

Bendera Negara Malaysia

Photo :
  • en.wikipedia.org

Malaysia merayakan hari kemerdekaan mereka pada 31 Agustus. Menurut The Straits Times, acara ini biasa dipenuhi dengan parade militer. Britannica menyebutkan bahwa Malaysia meraih kemerdekaan setelah negara mereka dijajah oleh Inggris, tepat pada tahun 1957.

Nah, itu delapan negara di dunia yang ternyata merayakan hari kemerdekaannya di bulan yang ama dengan Indonesia, yaitu bulan agustus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya