Hujan Deras Guyur Selandia Baru Berhari-hari, Ratusan Orang Mengungsi

 Banjir parah melanda Nelson, Selandia Baru, 18 Agustus 2022.
Banjir parah melanda Nelson, Selandia Baru, 18 Agustus 2022.
Sumber :
  • ANTARA/REUTERS/Tatsiana Chypsanava.

VIVA – Hujan deras mengguyur beberapa wilayah di Selandia Baru untuk hari ke-4, pada Jumat 19 Agustus 2022, sehingga ratusan orang mengungsi dari rumah mereka karena sungai-sungai meluap. Kota Nelson di pantai utara South Island terkena dampak paling parah dan lebih dari 400 rumah di sana ditinggalkan penghuninya.

"Kerusakan yang saya lihat di Nelson memilukan dan menurut saya kami perlu waktu bertahuntahun untuk pemulihan," kata Alec Louverdis, ketua kelompok di Pertahanan Sipil Nelson Tasman, dalam acara jumpa pers.

"Saat kami berkendara, ada longsoran di mana-mana," katanya.

Ilustrasi mengemudi mobil saat hujan deras.

Ilustrasi mengemudi mobil saat hujan deras.

Photo :
  • Dok: ADM

Badan peramal cuaca, Metservice, mengatakan intensitas hujan di Nelson telah mencapai 172 mm sejak Selasa 16 Agustus 2022, lebih dari dua kali rata-rata curah hujan pada Agustus. Curah hujan setinggi 190 mm diperkirakan akan jatuh perbukitan dekat Nelson pada lusa. Penduduk Nelson diminta untuk menghemat air karena distribusi air bersih di kota itu bermasalah.

Dinas pertahanan sipil setempat juga memperingatkan warga untuk menjauh dari pesisir karena gelombang laut mencapai tiga meter di beberapa pantai. Angkatan bersenjata Selandia Baru mengerahkan personel untuk membantu proses evakuasi dan pencegahan banjir.

Hujan badai kali ini membawa air lebih banyak air di Selandia Baru. Para pakar berpendapat cuaca basah di luar musim tersebut disebabkan oleh aliran uap air yang sempit atau "sungai atmosferis" di atas negara itu.

Halaman Selanjutnya
img_title