PM Jepang Fumio Kishida Positif COVID-19

Fumio Kishida
Sumber :
  • ANTARA/Reuters

VIVA Dunia – Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida dinyatakan positif COVID-19. Dia kemudian membatalkan semua rangkaian perjalanannya yang sudah direncanakan. Sementara itu, Kishida juga sedang melakukan isolasi mandiri untuk memulihkan diri.

PM Fumio Kishida Congratulates Prabowo Subianto

PM Jepang itu mengalami demam ringan dan batuk pada Sabtu malam, 20 Agustus 2022 dan menjalani tes PCR untuk virus Corona dan dinyatakan positif kata Noriyuki Shikata yang merupakan Sekretaris Kabinet Urusan Publik di kantor PM itu.

"Perdana Menteri Kishida diisolasi di dalam kediamannya," kata Shikata dikutip dari AP, Senin 22 Agustus 2022.

PM Kishida Sampaikan ke Prabowo Jepang Akan Berkontribusi di Infrastruktur dan Energi di Indonesia

Presiden Jokowi dan PM Jepang Fumio Kishida di Tokyo, Jepang

Photo :
  • ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev

Perdana menteri berusia 65 tahun itu padahal diketahui sedang berlibur musim panas pekan lalu dan dijadwalkan kembali bekerja pada hari Senin. Namun sebelum melakukan serentet pekerjaannya, Kishida ternyata jatuh sakit dan terinfeksi COVID-19.

PM Jepang Sambut Prabowo di Tokyo, Ucapkan Selamat atas Kemenangan di Pilpres

Dalam hal ini masih belum jelas di mana atau bagaimana dia terinfeksi.

Kishida juga disebut tidak akan menghadiri konferensi tentang pembangunan Afrika akhir bulan ini di Tunisia, tetapi dia akan berpartisipasi secara online. 

Selain tidak dapat berpartisipasi dalam pekerjaannya yang sudah direncanakan, dia juga menunda perjalanannya ke negara Timur Tengah.

Angka kasus infeksi virus Corona baru-baru ini melonjak di Jepang meskipun kebanyakan orang termasuk Kishida telah divaksinasi. Para pemimpin dunia lainnya termasuk Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden sebelumnya juga telah didiagnosis positif COVID-19 dan pulih. Biden sudah ketiga kalinya terinfeksi COVID-19.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya