Macron ke Aljazair untuk Perbaiki Hubungan Negara yang Buruk

VIVA Militer: Presiden Prancis, Emmanuel Macron
Sumber :
  • The Independent

VIVA – Presiden Prancis Emmanuel Macron akan mengunjungi Aljazair minggu depan dalam upaya untuk memperbaiki hubungan yang tegang antara Prancis dan Aljazair.

Menkominfo Sebut Pemerintah Segera Bentuk Satgas Atasi Darurat Judi Online

Macron menerima undangan Presiden Aljazair Abdelmadjid Tebboune, sebagaimana kata kantornya pada hari Sabtu. Ini akan menjadi kunjungan resmi kedua Macron ke negara Afrika Utara itu setelah kunjungan singkat pada Desember 2017 di awal masa jabatan pertamanya ketika Abdelaziz Bouteflika masih menjadi presiden.

Mengutip dari The Guardian, Hubungan Prancis-Aljazair mencapai titik terendah pada akhir tahun lalu setelah Macron dilaporkan mempertanyakan apakah Aljazair telah ada sebagai negara sebelum invasi Prancis dan menuduh "sistem politik-militer"-nya.

Sekjen Gerindra Sebut Syarat Utama Bakal Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran 

Presiden Prancis Emmanuel Macron Source : Republika

Photo :
  • republika

Aljazair menarik duta besarnya sebagai tanggapan tersebut, tetapi kedua belah pihak tampaknya telah memperbaiki hubungan sejak itu.

Presiden Uni Emirat Arab Tinjau Infrastruktur Setelah Banjir di Dubai

“Perjalanan ini akan berkontribusi untuk memperdalam hubungan bilateral yang berorientasi ke masa depan, untuk memperkuat kerja sama Prancis-Aljazair dalam menghadapi tantangan regional dan untuk melanjutkan pekerjaan mengatasi masa lalu yang kelam,” kata kepresidenan Prancis dalam sebuah pernyataan antara Macron dan Tebboune.

Macron akan mengunjungi bekas jajahan Prancis itu pada 25-27 Agustus 2022. Negara Afrika Utara itu memperoleh kemerdekaannya dari Prancis setelah perang delapan tahun, yang berakhir dengan penandatanganan Evian Accords pada Maret 1962.

VIVA Militer: Presiden Prancis, Emmanuel Macron

Photo :
  • Euronews

Pada tanggal 5 Juli di tahun yang sama, 99,72 persen penduduk memilih kemerdekaan dalam sebuah referendum, Aljazair akhirnya melepaskan diri dari pemerintahan kolonial, tetapi kenangan akan pendudukan 132 tahun terus menghantui hubungan diplomatiknya dengan Prancis.

Perang kemerdekaan Aljazair menyebabkan ratusan ribu orang tewas. Sejarawan Prancis mengatakan setengah juta warga sipil dan pejuang tewas, 400.000 di antaranya orang Aljazair, sementara pihak berwenang Aljazair bersikeras bahwa saat itu 1,5 juta orang tewas menjadi korban.

Tetapi enam dekade kemudian, terlepas dari serangkaian isyarat oleh Macron, Prancis telah mengesampingkan segala bentuk permintaan maaf untuk periode kolonial negaranya di negara itu.

tornado api mengamuk di Aljazair

Photo :
  • the guardian

Kepresidenan Prancis mengumumkan kunjungan mendatang saat Aljazair dilanda kebakaran hutan dahsyat yang diperparah oleh perubahan iklim. Kebakaran di timur laut Aljazair telah menewaskan 38 orang, dan merusak lebih dari 10 persen cagar biosfer yang terdaftar di UNESCO.

Macron menawarkan layanan pemadam kebakaran darat dan udara Tebboune Prancis untuk membantu, kata kepresidenan. Berkat cadangan gas alamnya yang besar, Aljazair belakangan ini juga menjadi pusat perhatian Uni Eropa dalam upayanya memangkas impor dari Rusia.

Perjalanan Macron akan menjadi yang kedua bagi presiden Prancis ke Aljazair sebagai kepala negara dan akan berkunjung ke Ibu Kota Aljir dan kota kedua Oran.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya