Takut Bencana Nuklir, PBB Minta Diizinkan Kunjungi PLTN Zaporizhzhia

VIVA Militer: Ledakan akibat serangan rudal Rusia di Zaporizhzhia, Ukraina
VIVA Militer: Ledakan akibat serangan rudal Rusia di Zaporizhzhia, Ukraina
Sumber :
  • marca.com

VIVA Dunia – Badan nuklir Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperbarui permintaannya, pada Selasa, 23 Agustus 2022, untuk menilai keselamatan dan keamanan di pembangkit nuklir terbesar Eropa di tenggara Ukraina.

Tempat tersebut sebelumnya menjadi tempat saling tuduh antara Rusia dengan Ukraina yang menembaki tempat itu, dan memicu peringatan kemungkinan bencana nuklir.

Kepala politik PBB, Rosemary DiCarlo, mengumumkan pada awal pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB tentang situasi di pembangkit nuklir Zaporizhzhia bahwa Rafael Grossi, direktur jenderal Badan Energi Atom Internasional, meminta untuk mengirim misi IAEA untuk melaksanakan  keselamatan penting, keamanan dan kegiatan pengamanan di tempat itu.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia, Ukraina.

Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia, Ukraina.

Photo :
  • Russian Defense Ministry Press Service via AP.

"Persiapan untuk misi sedang berjalan dan IAEA sedang dalam konsultasi aktif dengan semua pihak mengenai upayanya untuk mengirim misi seperti itu sesegera mungkin,'' kata DiCarlo, dikutip dari The Korea Times, Rabu, 24 Agustus 2022.

''Kami menyambut baik pernyataan Ukraina dan Rusia baru-baru ini yang menunjukkan dukungan untuk tujuan IAEA mengirim misi ke pembangkit nuklir tersebut, yang akan menjadi yang pertama IAEA ke tempat itu sejak dimulainya perang.''

Grossi mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa misi itu diharapkan berlangsung dalam beberapa hari ke depan jika negosiasi yang sedang berlangsung dapat berhasil. DiCarlo menegaskan bahwa PBB memiliki kapasitas logistik dan keamanan di Ukraina untuk mendukung misi IAEA ke pembangkit itu, asalkan Ukraina dan Rusia setuju.''