Mengenal HIMARS Sistem Roket AS yang Bikin Rusia Takut

Sistem roket HIMARS saat diujicobakan di Yakima Training Center
Sumber :
  • AP Photo/The News Tribune, Peter Haley

VIVA Dunia – Perang di Ukraina masih terus berlanjut bahkan sekutu dekat Presiden Rusia Vladimir Putin yakni mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev mengatakan bahwa pemimpin Rusia tersebut tidak akan menghentikan serangan.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Namun perlu digarisbawahi bahwa Rusia juga mengalami banyak kerugian atas invasinya ke Ukraina.

Selain kerugian dalam bentuk pasukan militer yang tumbang di tengah perang juga biaya senjata yang diluncurkan Moskow hingga mendapatkan banyak sanksi dari negara Barat.

Rusia Makin Gencar Menyerang, AS Janji Secepatnya Akan Kirim Senjata ke Ukraina

Peluncur roket HIMARS

Photo :
  • http://www.armybase.us

Telaknya kerugian yang ditimbulkan Moskow berasal dari beberapa faktor. Namun yang paling menonjol adalah akibat dari serangan senjata canggih yang dipasok Amerika Serikat (AS) ke Ukraina yakni Sistem Roket Artileri Mobilitas Tinggi M142 atau HIMARS.

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Lalu apa itu roket HIMARS? Seberapa dahsyat dampaknya hingga Rusia kalah telak dalam persenjataan saat roket ini digunakan oleh Ukraina?

Statistik HIMARS

Dikembangkan selama tahun 1990-an dan memasuki dinas militer pada tahun 2010, Lockheed Martin M142 adalah versi beroda dari sistem roket multi-peluncuran lapis baja M270 yang dilacak, atau MLRS.  Dengan panjang 23 kaki, lebar 7 kaki 10 inci dan tinggi 10 kaki 6 inci, berat total roket tersebut mencapai 35.800 pound.

Kru kontraktor Lockheed Martin produsen senjata sedang beristirahat

Photo :
  • AP Photo/Wong Maye-E

Muatannya adalah pod enam roket GMLRS M30/M31, dua rudal PrSM atau rudal Lockheed Martin ATACMS. Rudal permukaan-ke-permukaan ini dinavigasi oleh satelit dan dapat menempuh jarak hingga 52 mil dengan penyimpangan satu yard ke target, jangkauan dan akurasi yang melampaui semua rudal sezamannya. 

Melansir dari Historynet, Sabtu, 26 Agustus 2022, sebagai perbandingan, peluncur roket ganda 220 mm era Soviet BM-27 Uragan (“Badai”) Rusia memiliki jangkauan 20 mil dengan margin kesalahan setengah mil.

Meskipun hanya menampung satu pod rudal, bukan dua di MLRS, HIMARS lebih gesit ini dirancang untuk menembak dan meluncur, secara  teratur dan mengubah posisi dengan kecepatan hingga 53 mph.

Performa ini tidak murah, setiap sistem membutuhkan biaya US$5 juta atau setara dengan Rp74,087 miliar untuk diproduksi.

Pelestarian diri di lapangan untuk senjata dan awak tiga orangnya menyukai peluncuran malam hari, dan bahkan mereka menghasilkan ledakan yang membutuhkan perubahan posisi yang konstan. Ini dibantu oleh kendaraan yang siap bergerak dua menit setelah peluncuran.

Riwayat Serangan HIMARS

M142 mulai beroperasi pada 2010, dan mendukung pasukan NATO di Afghanistan, serta tentara Turki, Pasukan Demokrat Suriah, dan pasukan pemerintah Irak yang memerangi ISIS di Suriah dan Irak. 

Pada 21 Oktober 2010, The New York Times melaporkan unit HIMARS aktif dalam pertempuran di Kandahar yang berakhir dengan mundurnya para pemimpin Taliban ke Pakistan, meskipun mereka pada akhirnya tetap kembali.

Tentara Ukraina memasang artileri untuk menyerang senjata militer Rusia

Photo :
  • AP Photo/Evgeniy Maloletka

Pada 24 Mei 2018, sebuah unit M142 mendaratkan tiga rudal di sebuah gedung di Musa Qala dalam 14 detik, dan berhasil menewaskan 50 pejuang Taliban yang bersembunyi di dalamnya.

Perang Afghanistan secara resmi berakhir pada Agustus 2022, upaya AS secara keseluruhan gagal, tetapi unit HIMARS telah mencatat total satu juta jam operasional dan mempertahankan tingkat kesiapan operasionalnya mencapai 99 persen.

Dengan semua efisiensi mematikan yang ditawarkan, HIMARS berada di urutan teratas dalam daftar belanja Ukraina, di samping rudal antitank Javelin dan NLAW serta howitzer M777 dan CAESAR.

Selain biaya senjata, jangkauannya yang luar biasa menambah dimensi politik dengan menyerang tanah Rusia dan berpotensi meningkatkan perang. 

Setelah dua bulan negosiasi di mana Ukraina meyakinkan bahwa mereka akan menggunakan senjata secara eksklusif untuk pertahanan dalam negeri, empat M142 pertama tiba di Eropa pada Juni 2022, sebagai bagian dari paket bantuan US$700 juta atau Rp10,372 triliun karena manual adalah masalah Angkatan Darat S.

Awak Ukraina yang tidak berbicara bahasa Inggris menghabiskan periode pelatihan dua minggu mereka dalam pengenalan langsung, dan akhirnya siap untuk menuliskan instruksi yang dipilih di buku catatan.

Empat M142 dan krunya dikerahkan ke Ukraina pada 25 Juni 2022, dengan prioritas yang diumumkan untuk digunakan melawan pos komando Rusia di gudang dan posisi statis lainnya.

Segera setelah itu, orang-orang Ukraina melaporkan menggunakan rudal di C.P, di Izyum, dan membunuh 40 orang Rusia, termasuk seorang perwira senior yang diidentifikasi sebagai Kolonel Andrei Vasilyev.

Kunjungan jurnalis berikutnya ke garis depan termasuk M142 yang awaknya telah membuat diri mereka sendiri di rumah dengan seorang wanita berpakaian minim, penyegar udara, manik-manik rosario dan tiga tengkorak hitam yang mewakili target Rusia dihancurkan.

"Kami sebenarnya memiliki enam,” kata kepala sistem, yang diidentifikasi sebagai Kuzya.

“Kami hanya belum memiliki kesempatan untuk menambahkan tiga lainnya.”

Laporan Ukraina selanjutnya sejauh ini mengindikasikan bahwa pertahanan Rusia tidak terbukti efektif melawan HIMARS jarak jauh, dan pada 12 Juli 2022, Serhiy Bratchuk, juru bicara militer regional Odesa, mengumumkan likuidasi Mayjen Artyom Nasbulin,  kepala staf Korps Angkatan Darat ke-22, ketika rudal HIMARS menghantam markasnya di wilayah Kherson.

Jika dikonfirmasi, dia akan menjadi perwira umum Rusia kesembilan yang terbunuh dalam invasi sejak 24 Februari 2022.

Pada Juni 2022, empat M142 lagi telah ditempatkan di Eropa sebagai bagian dari paket bantuan AS senilai US$450 juta atau setara dengan Rp6,667 triliun, yang siap untuk melatih awak kapal iterasi kedua.

Militer Ukraina telah menyatakan perlunya setidaknya 100 HIMARS dan persenjataan jarak jauh lainnya jika ingin mengalahkan Rusia.

Jumlah itu tidak akan segera tersedia namun pada 21 Juli 2022, Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin III telah menjanjikan empat HIMARS lagi.

Awal pekan itu, Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memerintahkan para jenderalnya di Ukraina untuk menempatkan prioritas tertinggi mereka dalam menghancurkan rudal dan artileri jarak jauh musuh.

Tampaknya, HIMARS pertama meskipun sedikit telah membuat eksistensinya ditakuti. Seperti senjata sejenisnya M142 akan mengadu performa medan perang yang luar biasa dan keterampilan krunya melawan sejumlah besar lawannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya