Kapal Perang AS Merapat di Selat Taiwan Dipelototi China

VIVA Militer: Kapal perang Angkatan Laut Amerika Serikat, USS Antietam
Sumber :
  • Military.com

VIVA Dunia – Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) mengatakan bahwa dua kapal perang mereka sedang berlayar melalui perairan internasional di Selat Taiwan, pada Minggu, 28 Agustus 2022.

Jonatan Christie Won BAC 2024 After Defeating Li Shi Feng

Pendarat kapal perang tersebut adalah operasi pertama sejak meningkatnya ketegangan dengan China atas kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan.

Kapal penjelajah berpeluru kendali USS Antietam dan USS Chancellorsville sedang melakukan transit rutin ke Selat Taiwan, kata armada ke-7 AS dalam sebuah pernyataan.

Terpopuler: Jojo Rusak Pesta China, Elkan Baggott Menggila

Angkatan Laut Taiwan latihan menggunakan peluncur rudal SM-2 di permukaan air

Photo :
  • AP Photo/Wally Santana

“Transit kapal melalui Selat Taiwan menunjukkan komitmen Amerika Serikat terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka. Militer Amerika Serikat terbang, berlayar, dan beroperasi di mana pun yang diizinkan hukum internasional," ujarnya, dikutip dari The Guardian, Senin, 29 Agustus 2022.

Top Trending: Sopir Bis Bawa Penumpang Makan di Rumah Mertua hingga Ramalan Jayabaya

Kapal perang AS, dan kadang-kadang dari negara-negara sekutu seperti Inggris dan Kanada, secara rutin berlayar melalui selat itu dalam beberapa tahun terakhir, dan akhirnya memicu kemarahan Beijing.

Militer China mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka sedang memantau kapal-kapal AS yang berlayar melalui Selat Taiwan, dan mempertahankan kewaspadaan tinggi serta siap untuk mengalahkan segala provokasi.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih John Kirby, mengatakan transit itu mengirim pesan yang sangat jelas, pesan yang sangat konsisten, bahwa Angkatan Laut AS, militer AS akan berlayar, terbang, dan beroperasi di mana pun menurut hukum internasional yang mengizinkan kami melakukannya, katanya.

"Transit itu sangat konsisten dengan kebijakan Satu China kami, sangat konsisten dengan keinginan kami untuk memastikan bahwa kami dapat terus bekerja menuju Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.”

China yang mengklaim Taiwan sebagai wilayahnya sendiri, meluncurkan latihan militer di dekat pulau itu setelah Pelosi berkunjung pada awal Agustus dan latihan itu terus berlanjut.

VIVA Militer: Kapal perang Angkatan Laut China (PLAN) di dekat perairan Taiwan

Photo :
  • scmp.com

Perjalanannya membuat marah Beijing, yang melihatnya sebagai upaya AS untuk ikut campur dalam urusan internal China.

Operasi Angkatan Laut AS di Selat Taiwan biasanya memakan waktu antara 8 dan 12 jam untuk diselesaikan dan dipantau secara ketat oleh militer China.

Selat sempit itu sering menjadi sumber ketegangan militer sejak pemerintah Republik Tiongkok yang kalah melarikan diri ke Taiwan pada 1949, setelah kalah perang saudara dengan komunis, yang mendirikan Republik Rakyat Tiongkok.

Kunjungan Pelosi diikuti sekitar seminggu kemudian oleh sekelompok lima anggota parlemen AS lainnya, dengan militer China menanggapi dengan melakukan lebih banyak latihan di dekat Taiwan.

Senator Marsha Blackburn, yang berada di komite perdagangan dan angkatan bersenjata Senat, tiba di Taiwan. Itu merupakan kunjungan ketiga oleh pejabat AS bulan ini, dan menentang tekanan dari Beijing untuk menghentikan perjalanan pemimpin negara lain untuk pulau itu.

Pemerintahan Joe Biden telah berusaha untuk menjaga ketegangan antara Washington dan Beijing agar tidak menjadi konflik, dan menegaskan kembali bahwa perjalanan kongres semacam itu adalah rutinitas.

AS tidak memiliki hubungan diplomatik formal dengan Taiwan tetapi terikat oleh hukum untuk menyediakan pulau itu sarana untuk mempertahankan diri.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya