Ucapan Belasungkawa dari Pemimpin Dunia untuk Gorbachev

Mantan Presiden Uni Soviet Mikhail Gorbachev.
Sumber :
  • AP Photo/Boris Yurchenko.

VIVA Dunia – Kematian mantan pemimpin Soviet Mikhail Gorbachev, yang dikenal karena peran pentingnya dalam mengakhiri Perang Dingin dan memperkenalkan reformasi kunci Uni Soviet, telah memicu curahan belasungkawa dari para pemimpin dunia. 

Fakta-fakta Unik Tentang Uzbekistan, Negara Double Landlocked yang Jauh Dari Laut!

Gorbachev meninggal pada usia 91 tahun, pada Selasa, 30 Agustus 2022. Dia merupakan pemimpin Uni Soviet terakhir yang menjabat dari tahun 1985 hingga runtuhnya Uni Soviet pada 1991. 

Presiden Rusia Vladimir Putin 

Selebgram Bro Jabro Meninggal Dunia

Presiden Rusia Vladimir Putin

Photo :
  • Twitter @mfa_russia

Belasungkawa datang dari Presiden Rusia Vladimir Putin. Dia menyatakan belasungkawa dan mengirim pesan pada keluarga serta teman-teman Gorbachev pada Rabu, 31 Agustus 2022. 

Viral, Pria Gorontalo Temani Jenazah Ayah di Dalam Keranda untuk Terakhir Kali

"Besok dia (Putin) akan mengirim pesan belasungkawa kepada keluarga dan teman-teman (Gorbachev)," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, dikutip dari Independent, Rabu, 31 Agustus 2022. 

Belasungkawa juga dilayangkan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron. Dia menyebut bahwa mantan pemimpin Uni Soviet itu adalah seorang pria yang damai, dan membuka jalan menuju kebebasan Rusia. 

"Komitmennya terhadap perdamaian di Eropa mengubah sejarah kita bersama," kata Macron. 

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen 

Kemudian, Belasungkawa dan ungkapan apresiasi terhadap sosok Gorbachev juga datang dari Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen. 

Presiden Parlemen Eropa David Sassoli (kanan) dan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (kiri)

Photo :
  • ANTARA/REUTERS/VINCENT KESSLER

Dalam Twitternya, pemimpin Eropa itu mengungkapkan bahwa Gorbachev membuka jalan bagi Eropa yang bebas. 

"Dia memainkan peranan penting untuk mengakhiri Perang Dingin dan meruntuhkan tirai besi." 

Mantan PM Inggris Boris Johnson 

Selain itu, mantan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson juga mengucapkan belasungkawa dan bagaimana dia mengagumi sosok pemimpin Uni Soviet itu. 

"Saya selalu mengagumi keberanian dan integritas yang dia tunjukan dalam membawa Perang Dingin ke penyelesaian yang damai," ujar Johnson. 

Presiden AS Joe Biden 

Presiden AS Joe Biden.

Photo :
  • ANTARA/Reuters/as

Belasungkawa juga hadir dari pemimpin dunia lainnya yakni Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Dalam sebuah pernyataannya pada hari Selasa, Joe Biden menyebut Gorbachev adalah seorang pria dengan visi yang luar biasa. 

"Sebagai pemimpin Uni Soviet, dia bekerja dengan Presiden Ronald Reagan untuk mengurangi persenjataan nuklir kedua negara kami, untuk melegakan orang-orang di seluruh dunia yang berdoa untuk diakhirinya perlombaan senjata nuklir." 

Ucapan Belasungkawa dari Pemimpin Dunia Lainnya 

Mantan Presiden Uni Soeviet Mikhail Gorbachev.

Photo :
  • AP Photo/David Longstreath.

Belasungkawa juga hadir dari berbagai pemimpin dunia lainnya seperti Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, Presiden Irlandia Michael Martin, Presiden Parlemen Eropa Roberta Metsola, dan mantan Perdana Menteri Silvio Berluschoni. 

Sekretaris Jenderal PBB 

Kemudian kepala organisasi internasional seperti Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres juga menyampaikan belasungkawa. 

Dia juga mengatakan bahwa Gorbachev adalah sosok pemimpin global yang sangat terkenal dan dihormati. 

"Dia melakukan lebih dari individu lain untuk mewujudkan akhir Perang Dingin yang damai." 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya