Banjir Parah Pakistan, Satu Provinsi Berubah Jadi Danau

Rumah-rumah di provinsi Baluchistan tenggelam akibat banjir Pakistan
Sumber :
  • AP Photo/Zahid Hussain

VIVA Dunia – Gambar satelit terbaru menunjukkan luasan wilayah terdampak banjir besar di Pakistan semakin meluas. Satelit menggambarkan bagaimana luapan banjir Sungai Indus telah mengubah sebagian Provinsi Sindh menjadi danau pedalaman selebar 100 kilometer persegi.

Kemendagri Dorong Pemda Terdampak Bencana Pangan Segera Tetapkan Status Tanggap Darurat

Dilansir CNN, Jumat, 2 September 2022, dalam gambar-gambar dari satelit MODIS NASA yang diambil pada Minggu, 28 Agustus 2022, menunjukkan bagaimana kombinasi hujan lebat dan luapan Sungai Indus telah menggenangi sebagian besar provinsi Sindh di Selatan.

Petak-petak negara itu sekarang berada di bawah air, setelah apa yang digambarkan oleh pejabat PBB sebagai 'musim dengan steroid' yang membawa curah hujan terberat dalam sejarah Pakistan yang telah menewaskan 1.162 orang, melukai 3.554 dan mempengaruhi 33 juta orang sejak pertengahan Juni.

Kemenag Gerak Cepat Selamatkan Dokumen KUA di Wajo yang Ikut Terdampak Banjir

Foto satelit NASA yang menggambarkan wilayah banjir di Pakistan

Photo :
  • CNN/HO NASA

Citra satelit juga memperlihatkan air banjir menutupi sebagian besar lanskap Pakistan yang biasanya gersang dan berwarna cokelat dalam citra satelit. Kondisi yang sangat kontras jika dibandingkan Pakistan setahun lalu, dimana warna cokelat (gersang) lebih dominan dibanding biru (air banjir).

Banjir dan Longsor di Luwu Sulawesi Selatan, 12 Desa Terisolir

Di tengah gambar, area luas berwarna biru tua menunjukkan Sungai Indus meluap dan membanjiri area seluas sekitar 100 kilometer (62 mil), mengubah dari yang dulunya ladang pertanian menjadi danau raksasa. 

Diketahui, musim hujan tahun ini menjadi yang terparah di negara itu sejak pencatatan dimulai pada tahun 1961, menurut Departemen Meteorologi Pakistan, dan potensi musim hujan masih tersisa satu bulan lagi.

Warga di distrik Shikarpur, Provinsi Sindh, terdampak banjir Pakistan

Photo :
  • AP Photo/Zahid Hussain

Di provinsi Sindh dan Balochistan, curah hujan telah mencapai 500 persen di atas rata-rata, melanda seluruh desa dan lahan pertanian, meratakan bangunan dan memusnahkan tanaman.

Sementara sebagian besar cuaca kering diperkirakan akan terjadi di wilayah itu dalam beberapa hari mendatang, para ahli mengatakan air akan membutuhkan waktu berhari-hari untuk surut.

Menteri perubahan iklim Pakistan Sherry Rehman mengatakan hari Minggu, bahwa bagian-bagian negara itu menyerupai lautan kecil. "Pada saat ini berakhir, kita mungkin memiliki seperempat atau sepertiga dari Pakistan di bawah air," ujarnya

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya