Plontos Hutan Picu Gelombang Kebakaran di Amazon Brasil

Kebakaran hebat melanda hutan hujan Amazon.
Sumber :

VIVA Dunia – Hutan hujan Amazon Brasil menderita karena banyak kebakaran dalam hampir lima tahun, ha tersebut karena didorong oleh lonjakan deforestasi ilegal atau penggundulan hutan.

Untuk Pertama Kali, Bintang Muda Manchester United Ini Dipanggil Timnas Inggris

Menurut lembaga antariksa nasional Brasil, satelit telah mendeteksi lebih dari 33.000 titik kebakaran saat hutan hujan memasuki puncak musim panas, yang sering kali berkorelasi dengan tingkat aktivitas deforestasi yang tinggi.

“Tingkat deforestasi sangat tinggi. Itu berarti ada banyak pohon sisaan yang siap terbakar,” kata Ane Alencar, koordinator proyek Kebakaran Mapbiomas, kepada The Associated Press.

10 Kota Paling Berbahaya di Dunia Bagi Wisatawan, Mayoritas Benua Merah

“Kebakaran akan lebih intens pada bulan September.” Ucapnya.

Hutan Amazon

Photo :
  • U-Report
Polisi Tangkap 4 Pelaku Pemerkosa Massal dan Perampokan Turis Spanyol di India

Presiden sayap kanan Brasil Jair Bolsonaro telah dikritik karena kegagalannya memerangi deforestasi ilegal dan karena apa yang dituduhkan oleh para kritikus adalah pandangan simpatik terhadap kegiatan semacam itu.

Kebakaran biasanya dimulai oleh kelompok-kelompok yang memberi ruang bagi ternak untuk digembalakan, dan kemudian para pembela lingkungan dan kelompok adat menghadapi kekerasan dan penindasan oleh mereka.

Amazon mengalami kebakaran parah di bulan Agustus dan menjadi yang terburuk dalam 12 tahun, tetapi Bolsonaro telah mengecilkan kritik, mendorong aktivitas komersial di Amazon dan menyarankan kritik tersebut adalah bagian dari upaya untuk melemahkan sektor agribisnis Brasil.

Rio de Janeiro, Brasil

Photo :
  • popular-world.com

Sebuah laporan baru-baru ini oleh Institut Igarape, sebuah lembaga penelitian Brasil, menemukan bahwa pihak berwenang tidak berbuat banyak untuk mengekang deforestasi di Amazon.

Studi ini menganalisis 302 serangan kejahatan lingkungan yang dilakukan oleh polisi federal di Amazon antara 2016 dan 2021, dan hanya 2 persen yang menargetkan orang yang secara ilegal merebut lahan publik yang tidak ditentukan.

Kebakaran mulai menyebar dengan cepat pada Agustus setelah periode curah hujan yang luar biasa tinggi di awal bulan. Kobaran api telah menciptakan awan asap yang dapat melayang di atas kota-kota seperti Manaus, kota terbesar di wilayah Amazon, selama berminggu-minggu.

Sekitar 20 persen dari area yang terbakar di Amazon tahun ini baru-baru ini ditebangi. Beberapa di antaranya berada di area yang seharusnya dilindungi tetapi menjadi sasaran perampas tanah, menurut analisis oleh Center of Life Institute, sebuah organisasi nirlaba Brasil, berdasarkan Basis Data Emisi Kebakaran Global NASA.

Kebakaran hebat melanda hutan hujan Amazon.

Photo :

Setengah dari polusi karbon Brasil adalah hasil dari konversi lahan. Saat Amazon terbakar, area yang pernah memainkan peran penting dalam menyerap karbon malah mulai melepaskan sejumlah besar ke atmosfer.

Pemerintah Bolsonaro berjanji untuk mengakhiri deforestasi ilegal pada tahun 2028 di KTT iklim COP26, tetapi kehilangan hutan telah meningkat ke level tertinggi 15 tahun selama masa jabatannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya