Setelah 2 Tahun, New York Akhiri Kewajiban Masker di Kendaraaan Umum

Stasiun kereta api New York, Amerika Serikat.
Stasiun kereta api New York, Amerika Serikat.
Sumber :
  • Pixabay.

VIVA – Negara bagian New York mengakhiri mandat COVID-19 yang sudah berlangsung selama 28 bulan, yang mewajibkan masker di transportasi umum, kata Gubernur Kathy Hochul, Rabu 7 September 2022. Masker juga tidak lagi diperlukan di bandara dan kendaraan umum lainnya.

Negara bagian New York memberlakukan mandat penggunaan masker sejak April 2020, ketika virus corona menyebar ke seluruh New York. Tetapi sekarang mengenakan masker akan menjadi opsional, kata gubernur, mengutip panduan baru-baru ini dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

"Kita harus memulihkan kehidupan kita menjadi normal. Masker dianjurkan tetapi opsional," kata Hochul dilansir dari BBC, Kamis 8 September 2022. 

Ilustrasi warga pakai masker

Ilustrasi warga pakai masker

Photo :
  • ANTARA FOTO/REUTERS/Alejandra Cardona

Dia menambahkan bahwa New York berada dalam posisi yang jauh lebih kuat seiring kasus infeksi dan rawat inap turun.

Persyaratan masker juga dicabut untuk tempat penampungan tunawisma dan penjara, kata gubernur. Namun, masker masih diperlukan di panti jompo, rumah sakit, dan fasilitas perawatan kesehatan lainnya yang dilisensikan oleh negara.

Pada bulan April, Presiden AS, Joe Biden, memutuskan untuk mencabut mandat masker nasional pada transportasi umum, setelah seorang hakim federal di Florida memutuskan bahwa kebijakan itu melanggar hukum. Akan tetapi New York memutuskan untuk melanjutkan aturan tersebut.