Profil Pangeran Charles, Putra Sulung Penerus Ratu Elizabeth II

Pangeran Charles jadi Raja Inggris menggantikan sang ibunda Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • AP Photo/Jeff Chiu

VIVA Dunia – Rakyat Inggris saat ini sedang berduka, Pemimpin kerajaan Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Jumat, 9 September 2022 dinihari WIB, putra mahkota pun kini menjadi raja.

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Sebagai putra mahkota, Pangeran Charles yang saat ini berumur 73 tahun akan otomatis naik takhta sebagai Raja Inggris menggantikan sang Ibunda, Ratu Elizabeth II yang mangkat pada usia 96 tahun.

Status putra mahkota disandang Pangeran Charles selama tujuh dekade yang merupakan waktu penantian terlama dalam sejarah monarki Inggris. Nah, berikut mengenai ulasan Porfil Pangeran Charles.

Kate Middleton Umumkan Idap Kanker

Ratu Inggris Elizabeth II

Photo :
  • Instagram Emmanuel Macron

Charles Philip Arthur George lahir di Istana Buckingham, London pada 14 November 1948 pada masa kekuasaannya. Ia adalah anak sulung dan putra pertama orangtuanya.

Kate Middleton Juga Diduga Edit Foto Ratu Elizabeth Bersama Cucunya

Pangeran Charles dibaptis pada 15 Desember 1948 di Ruang Musik Istana Buckingham oleh Uskup Agung Canterbury, Dr Geoffrey Fisher.

Pendidikan

Pangeran Charles.

Photo :
  • Instagram @kensingtonroyal

Pangeran Charles sempat berpindah-pindah sekolah ketika ia masih kecil. Pertama, ia di Hill House School di London bagian barat tanpa menerima perlakuan khusus dari kepala sekolahnya. Kemudian, Pangeran Charles pindah ke sekolah ayahnya dulu di Cheam Preparatory School, Berkshire, dan akhirnya pindah ke Gordonstoun, sebelah timur laut Skotlandia.

Pangeran Charles melanjutkan studinya di Trinity College, bagian dari Universitas Cambridge dengan spesialisasi antropologi, arkeologi, dan sejarah. Ia dikenal aktif di kegiatan kampus, salah satunya di klub polo.

Pangeran Wales ini lulus dari Trinity College pada 1970 dengan gelar Sarjana Seni. Kelulusannya ini menjadikan Pangeran Charles menjadi anggota keluarga kerajaan ke-3 yang mendapat gelar sarjana.

Setelah dari Trinity College, Pangeran melanjutkan studinya ke jenjang Magister di Universitas Cambridge. Ia juga belajar bahasa dan sejarah Wales di Universitas Wales, Aberystwyth

Hubungan Rumah Tangga

Prince Charles dan Lady Diana saat berkunjung ke Indonesia

Photo :
  • Instagram @tututsoeharto

Menjadi figur publik bagi banyak orang, Charles dianggap sebagai orang yang cerdas, penyendiri, dan sedikit canggung. Dia terbiasa dengan setiap gerakan yang dilakukan oleh pers, tetapi dia tidak bisa membayangkan apa yang akan ditimbulkan oleh Lady Diana Spencer.

Keduanya sudah saling kenal ketika masih muda tetapi diperkenalkan kembali pada akhir 1970-an. Charles dan Diana muda yang lagi dimabuk cinta bertunangan pada Februari 1981. Perbedaan usia 13 tahun tidak menyurutkan niatnya. Keduanya menikah pada 29 Juli 1981.

Upacara pernikahannya berlangsung sangat mewah dan dinikmati di seluruh dunia, ditonton jutaan orang. Charles dan Diana dikaruniai dua anak, yakni Pangeran William Arthur Philip Louis, dan Pangeran Henry ‘Harry’ Charles Albert David.

Sayangnya, cinta mereka yang sama untuk anak-anak mereka tidak cukup untuk membatalkan apa yang disebut sebagai pernikahan dongeng. Serikat pekerja menjadi tegang selama bertahun-tahun dengan tanggung jawab kerajaan, konflik pribadi, tekanan media dan perselingkuhan.

Dilaporkan Charles menghidupkan kembali hubungan dengan mantan kekasihnya, Camilla Parker Bowles, saat menikah dengan Diana. Pasangan ini resmi berpisah pada tahun 1992 dan bercerai pada tahun 1996. Kemudian Diana meninggal dalam kecelakaan mobil di tahun 1997.

Pernikahan dengan Camilla

Pangeran Charles dan Camilla

Photo :
  • instagram.com/kensingtonroyal

Setelah bertahun-tahun diam-diam mempertahankan hubungan mereka, Charles menikahi Parker Bowles pada 9 April 2005.

Dia kemudian menjadi Duchess of Cornwall dan sekarang sering menemani suaminya dalam banyak kunjungan resminya. Selain tugas kerajaannya, Charles telah menjadi dermawan terkemuka.

Selain Prince's Trust, ia mendukung sejumlah besar amal organisasi, mendukung upaya untuk meningkatkan layanan pendidikan, pendanaan awal, mendukung upaya bisnis yang berkelanjutan, menyediakan peluang kerja bagi warga lanjut usia, dan membantu.

Pangeran Charles dipastikan bakal menjadi tahta Kerajaan Inggris dan menjadi Raja Charles III. Sebelumnya, sudah ada Charles yang menjadi raja, sehingga ia menjadi Charles ketiga yang menduduki tahta Kerajaan Inggris

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya