Ratu Elizabeth Meninggal Dunia, Putin dan Biden Sampaikan Belasungkawa

Ratu Elizabeth II saat berada di Thames Hospice, Maidenhead
Sumber :
  • Kirsty O'Connor/Pool Photo via AP

VIVA Dunia – Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada Kamis 8 September 2022 waktu Inggris. Ratu Elizabeth meninggal diusia 96 tahun setelah lebih dari 70 tahun berkuasa memimpin tanah Inggris dan sejumlah negara persemakmuran.

Putin Telepon Presiden Iran Wanti-wanti Dampak Memanasnya Konflik Timur Tengah

Atas meninggalnya Ratu Inggris tersebut sejumlah pemimpin negara mengucapkan belasungkawa. Hal itu seperti yang dilakukan oleh Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden.

Dikutip dari BBC, pada Jumat 9 September 2022, Putin menyampaikan belasungkawa terdalam kepada Raja Charles III. Putin menyatakan belasungkawa terdalamnya kepada Raja Charles III atas kematian ibunya.

Ngeri, Baba Vanga dalam Ramalannya Sebut Putin Dibunuh Tahun 2024

Baca juga: Ratu Elizabeth II Meninggal, Ini Agenda Duka Inggris 10 Hari ke Depan

"Selama beberapa dekade, Elizabeth II berhak menikmati cinta dan rasa hormat dari rakyatnya, serta otoritas di panggung dunia," kata pemimpin Rusia itu.

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

Putin berharap Raja Charles memiliki keberanian dan ketangguhan dalam menghadapi kehilangan yang berat dari meninggalnya Ratu Elizabeth II.

Seperti diketahui, Raja Charles, menyatakan dukungan untuk Ukraina setelah invasi Rusia awal tahun ini. "Kami bersolidaritas dengan semua orang yang menentang agresi brutal," katanya saat itu.

Ratu Kerajaan Inggris Elizabeth II

Photo :
  • AP Photo/Frank Augstein

Sementara, Presiden AS Joe Biden mengunjungi Kedutaan Besar Inggris di Washington DC untuk memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth dan menandatangani buku belasungkawa.

Dia dan Ibu Negara Jill Biden disambut ketika mereka tiba oleh duta besar Inggris, Dame Karen Pierce.

"Kami berduka untuk Anda semua. Dia adalah wanita yang hebat, saya sangat senang bisa bertemu dengannya," kata Biden kepada duta besar setelah menandatangani buku itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya