Fakta Raja Charles III dan Pemujaannya Terhadap Islam

Raja Inggris Charles III saat tiba di Istana Buckingham, London, Inggris
Sumber :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth

VIVA Dunia – Fakta atau sudah sejak lama Raja Charles III rupanya dikenal begitu mengagumi, menghormati, dan menghayati nilai-nilai Islam dan umat Islam.  Berbicara positif tentang banyak fitur agama, Raja Charles III selalu menjadi pendukung besar pluralisme agama dengan terlibat dalam banyak kegiatan antaragama. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Setelah kematian ibunya pada hari Kamis 9 September, Raja Charles diproklamasikan sebagai raja dalam upacara aksesi tradisional.  Selain menjadi pelindung Pusat Studi Islam Oxford, Raja Charles III juga menunjukkan minatnya untuk mempelajari Alquran. 

Raja Charles III dan istrinya Camilla

Photo :
  • Victoria Jones/Pool Photo via AP
PKB Perkuat Politik Islam dalam Pemerintahan Prabowo-Gibran, Menurut Pengamat

Dalam biografi Pangeran Charles III berjudul Charles at Seventy – Thoughts, Hopes & Dreams, Robert Jobs (penulis) mengungkapkan beberapa pemikiran mendalam sang Raja tentang Islam dan Muslim.

Dia tidak hanya menentang perang di Irak, tetapi Raja Charles III juga tidak setuju dengan larangan niqab dan menunjukkan simpati kepada orang-orang Palestina. 

Mengenal Agama Sikh, Keyakinan yang Dianut Bunga Zainal dan Anak-anaknya

Selama 30 tahun terakhir, Raja Charles III memberikan banyak pidato di mana ia menggambarkan kekaguman dan rasa hormatnya yang mendalam terhadap agama. Dalam banyak kesempatan, ia menjelaskan bahwa Kekristenan dapat belajar banyak dari Islam. 

Berikut daftar kutipan tentang Islam dan Muslim dari pidatonya selama beberapa dekade terakhir:

Raja Charles III dan Spanyol Islam

Saat menyampaikan pidato di Oxford Centre for Islamic Studies pada tahun 1993 , Raja Charles III berbicara tentang bagaimana kita dapat belajar dari warisan umat Islam di Andalusia. 

“Dunia Islam abad pertengahan, dari Asia Tengah hingga pantai Atlantik, adalah dunia di mana para sarjana dan orang-orang terpelajar berkembang. Tetapi karena kita cenderung melihat Islam sebagai musuh Barat, sebagai budaya asing, masyarakat dan sistem kepercayaan, kita cenderung mengabaikan atau menghapus relevansinya yang besar dengan sejarah kita sendiri.

 Sebagai contoh, kita telah meremehkan pentingnya 800 tahun masyarakat dan budaya Islam di Spanyol antara abad ke-8 dan ke-15. Kontribusi Muslim Spanyol untuk pelestarian pembelajaran klasik selama Abad Kegelapan, dan untuk berbunga pertama dari Renaisans, telah lama diakui. 

Raja Inggris Charles III saat tiba di Istana Buckingham, London, Inggris

Photo :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth

Tapi Spanyol Islam lebih dari sekadar gudang penyimpanan di mana pengetahuan Helenistik disimpan untuk konsumsi kemudian oleh dunia Barat modern yang sedang berkembang. Muslim Spanyol tidak hanya mengumpulkan dan melestarikan konten intelektual peradaban Yunani dan Romawi kuno, tetapi juga menafsirkan dan memperluas peradaban itu, dan memberikan kontribusi vitalnya sendiri dalam begitu banyak bidang usaha manusia – dalam sains, astronomi, matematika, aljabar (itu sendiri kata Arab), hukum, sejarah, kedokteran, farmakologi, optik, pertanian, arsitektur, teologi, musik. Averroes dan Avenzoor, seperti rekan-rekan mereka Avicenna dan Rhazes di Timur, berkontribusi pada studi dan praktik kedokteran dengan cara yang bermanfaat bagi Eropa selama berabad-abad sesudahnya.” 

Barat Bisa Belajar Dari Islam

Pada tahun 1996, Raja Charles III memberikan pidato di Wilton Park berjudul ' A Sense of the Sacred: Building Bridges Between Islam and the West.' Membahas pentingnya berkolaborasi, banyak bagian dari pidatonya juga menekankan mengintegrasikan kembali apa yang telah terfragmentasi oleh dunia modern. 

“Saya mulai dari keyakinan bahwa peradaban Islam yang terbaik, seperti banyak agama di Timur – Yudaisme, Hindu, Jainisme, dan Buddha – memiliki pesan penting bagi Barat dalam cara mempertahankan pandangan yang lebih terintegrasi dan integral tentang kesucian dunia di sekitar kita. Saya merasa bahwa kita di Barat dapat dibantu untuk menemukan kembali akar pemahaman kita sendiri dengan menghargai penghormatan mendalam tradisi Islam terhadap tradisi tatanan alam yang tak lekang oleh waktu.

Saya percaya proses itu bisa membantu dalam tugas mendekatkan kedua agama kita. Itu juga dapat membantu kita di Barat untuk memikirkan kembali, dan menjadi lebih baik, pengelolaan praktis kita terhadap manusia dan lingkungannya – di bidang-bidang seperti perawatan kesehatan, lingkungan alam dan pertanian, serta dalam arsitektur dan perencanaan kota.”

Merayakan Kesuksesan Umat Islam

Dalam peresmian gedung Markfield Institute of Higher Education yang baru , Raja Charles III mengingatkan hadirin generasi Muslim sebelumnya.  

“Kehadiran umat Islam di dunia akademis, jabatan publik dan eselon yang lebih tinggi dari masyarakat kita bukanlah sesuatu yang baru, tetapi sesuatu yang harus dirayakan. Dan kita mungkin juga berhenti sejenak, mungkin, untuk mengingat ratusan Muslim yang tewas dalam tugas Kerajaan dalam dua perang dunia. Merchant Navy Memorials di Tower Hill di London, misalnya, memberikan banyak bukti tentang pria Muslim pemberani yang menyerahkan nyawa mereka di atas kapal Inggris. Mengingat warisan seperti itu, hadirin sekalian, saya senang berada di sini pada pembukaan resmi gedung Markfield Institute of Higher Education yang baru.”

Raja Charles III dan Ramadhan

Pada April 2022, Raja berbicara dengan penuh semangat tentang Ramadhan dan banyak pengorbanan yang dilakukan umat Islam di bulan ini. 

“Ramadan menyediakan waktu untuk merenungkan berkah diri sendiri dan mensyukurinya. Salah satu cara terbesar untuk menunjukkan rasa syukur dalam Islam, saya mengerti, adalah dengan melayani mereka yang kurang beruntung di masyarakat kita. Semangat kedermawanan dan keramahan umat Islam yang baik hati tidak berhenti membuat saya takjub dan saya yakin bahwa saat kita memasuki masa yang lebih tidak pasti, dengan banyak orang sekarang berjuang untuk mengatasi tantangan yang semakin meningkat, komunitas Muslim akan kembali menjadi sumber amal yang sangat besar. memberikan Ramadhan ini.”

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya