Publik Inggris Kritik Cepatnya Gelar Pangeran Wales untuk William

Pangeran William (kiri) dan Pangeran Harry (kanan) di prosesi pemakaman Ratu
Sumber :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth

VIVA Dunia – Dalam pidato televisi pertamanya sehari setelah mangkatnya Ratu Elizabeth II, Raja Charles III menyatakan bahwa Pangeran William dan istrinya Catherine atau Kate kan menjadi pangeran dan putri baru Wales. Pangeran Wales merujuk pada Putra Mahkota yang akan mewarisi tahta kerajaan selanjutnya.

Pulau Ini Menjadi Tempat Berlibur Favorit Pangeran William dan Kate Middleton Bersama Anak-anaknya

Cepatnya waktu penunjukan tersebut mencerminkan keinginan kerajaan untuk secara lahiriah memproyeksikan stabilitas dan kesinambungan setelah kematian Ratu Elizabeth II.

Meski demikian penunjukan William dan istrinya sebagai Pangeran dan Putri Wales justru tidak diketahui oleh Mark Drakeford, Menteri pertama Wales.

Usai Didiagnosis Kanker, Kate Middleton dan Keluarganya Memutuskan Pergi Berlibur

Pangeran William-Kate, Pangeran Harry-Meghan menuju Westminster Hall, London

Photo :
  • AP Photo/Nariman El-Mofty, Pool

Melansir dari NDTV, Jumat, 16 September 2022, penunjukan yang terlalu cepat ini memicu reaksi negatif dari publik namun Pangeran William berjanji untuk melayani rakyat Wales.

Kate Middleton Idap Kanker, Begini Kata Pangeran Harry dan Meghan Markle

Mantan pemimpin Plaid Cymru Lord Elis-Thomas mengatakan perlunya memikirkan untuk melanjutkan gelar sebagai pangeran dan putri Wales.

Selain itu, petisi untuk membatalkan gelar baru Pangeran William bersama istrinya telah mengumpulkan 25.000 tanda tangan hanya dalam beberapa hari setelah penunjukan tiba-tiba  dari Raja Charles III.

Warga Inggris antre sampai malam di depan Westminster Hall untuk melayat Ratu

Photo :
  • AP Photo/Nariman El-Mofty

Para kritikus menyebut bahwa keputusan terburu-buru Charles dianggap tidak menghormati Wales dan merendahkan status Wales sebagai negara dan bangsa dengan haknya sendiri.

Gelar tywysog cymru atau pangeran Wales adalah gelar bersejarah yang awalnya dipegang oleh raja-raja dan pangeran-pangeran asli Wales sebelum abad ke-12 yang sebagian besar, memerintah dari Gwynedd di barat laut Wales.

Raja Charles III, Putri Anne dan Pangeran Andrew (dari kiri ke kanan)

Photo :
  • Andrew Milligan/Pool Photo via AP

Setelah penaklukan Wales (1277-1283), Edward I pindah untuk mengkonsolidasikan posisi mahkota Inggris di Wales dan menyatakan putranya Edward dari Caenarfon menjadi pangeran Inggris pertama Wales.

Sejak itu gelar tersebut diberikan kepada pewaris tahta Inggris. Dahulu penunjukan Charles sebagai pangeran Wales juga tidak secepat William. Mantan suami Putri Diana itu ditunjuk sebagai Pangeran Wales ketika dia berusia sembilan tahun pada tahun 1958 dan itu sekitar enam tahun setelah pemerintahan Ratu Elizabeth II sang ibunda dimulai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya