Jokowi Dapat Penghargaan Global Citizen Awards dari Think-Tank AS

Presiden Jokowi saat meninjau tambang Grasberg
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA Dunia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan penghargaan dari lembaga think-tank Atlantic Council yang berbasis di Amerika Serikat (AS). Presiden Jokowi menerima Global Citizen Awards 2022.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

"Bapak Presiden akan diberikan penghargaan prestistius yang disebut dengan Global Citizen Award 2022," kata Direktur Kerja Sama Multilateral Kementerian Luar Negeri RI Tri Tharyat pada Senin, 12 September 2022, melalui Zoom Meeting dan dirilis Kemlu RI.

Presiden Jokowi menerima Pengurus PP Muhammadiyah di Istana

Photo :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Dalam pernyataannya, Tri mengatakan alasan kuat mengapa Jokowi terpilih untuk menerima penghargaan tersebut.

"Award ini merupakan bentuk pengakuan atas kepemimpinan Presiden di G20, khususnya dalam mendorong kolaborasi, dalam penanganan Atlantik dan isu global, dan juga bapak Presiden dalam menciptakan perdamaian internasional dan kerja sama pasca pandemi," ujarnya lagi.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Selain itu alasan lainnya adalah kunjungan Presiden Jokowi ke kedua negara yang berselisih Ukraina dan Rusia, yang mendapatkan perhatian luas.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky bersalaman dengan Presiden Jokowi

Photo :
  • IG Ari Dwipayana

Kunjugan Presiden ke negara tersebut dianggap sebagai bentuk dukungan politik dari Presiden Indonesia dalam upaya pencapaian solusi pada krisis pangan, energi, keuangan, dan pasokan energi. Untuk pangan diharapkan tidak mengganggu stabilitas global.

"Sebagai informasi Global Citizen Award ini diberikan setiap tahun pada pemimpin dunia, dan individu yang berprestasi, yang membuat karya besar bagi kemanusiaan."

Tri juga menambahkan penghargaan itu sebagai sebuah apresiasi dan penghormatan bagi kiprah Presiden Jokowi yang dimulai dari bawah atau disebut from humble beginnings.

Penghargaan bagi Jokowi ini nantinya akan diwakilkan penerimaannya oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Presiden akan menyampaikan pesannya melalui rekaman video.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya