Menlu RI dan Sekjen PBB Lakukan Pertemuan Bilateral di New York

Menlu RI Retno Marsudi dan Sekjen PBB Antonio Guterres
Sumber :
  • Rilis Kemlu RI

VIVA Dunia – Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres. Pertemuan tersebut dilakukan di New York, Amerika Serikat (AS) pada Minggu, 18 September 2022.

PM Singapura akan Temui Jokowi Pekan Depan, Bahas Energi Hingga IKN

Sebelumnya, Presiden RI dinyatakan tidak hadir dalam High Level Week (HLW) Sidang Majelis Umum (SMU) PBB ke-77 dan representasinya digantikan oleh Menlu Retno.

Pertemuan dengan Sekjen PBB tersebut membahas berbagai isu global yang menjadi perhatian bersama, termasuk Presidensi Indonesia di G20.

Menlu Singapura Bertemu Jokowi di Istana Negara, Ini yang Dibahas

Sekjen PBB, Antonio Guterres

Photo :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Afriadi Hikmal

Mengutip dari rilis Kemlu, 19 September 2022, Menlu RI menjelaskan mengenai persiapan KTT G20 di Bali, yang dilaksanakan pada 15-16 November 2022.

Bantu Israel Tahan Serangan Teheran, Menlu Iran Temui Menlu Yordania

Retno juga menyampaikan apresiasi atas konfirmasi kehadiran Sekjen PBB di KTT G20 mendatang.

Dalam pertemuan tersebut, Retno menyampaikan pentingnya KTT G20 yang dapat menghasilkan kerja sama konkret yang bermanfaat bagi dunia.

Menlu RI Retno Marsudi saat berkomunikasi jarak jauh

Photo :
  • Twitter @Menlu_RI

Selain itu, dia juga bertukar pikiran mengenai perkembangan Myanmar. Keduanya memiliki keprihatinan dan kekecewaan yang sama terhadap Junta Militer Myanmar yang tidak menunjukkan komitmen untuk 5 Point of

Consensus (5PC), yang telah dimandatkan oleh Pemimpin ASEAN pada April 2021.

Sekjen PBB juga sampaikan kembali dukungannya terhadap 5PC ASEAN. Komunikasi dan koordinasi Indonesia dengan PBB akan semakin intensif mengingat Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2023.

Sidang ke-77 Majelis Umum PBB dibuka pada 13 September 2022. HLW akan berlangsung pada 20-26 September 2022, di markas besar PBB di AS.

Sebagai informasi, tema HLW tahun ini adalah “A watershed moment: transformative solutions tointerlocking challenges”.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya