Bakal Hadiri Pemakaman Ratu Elizabeth, Pangeran MBS Dapat Kecaman

VIVA Militer: Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman
Sumber :
  • AboutHer

VIVA Dunia – Hari ini pemakaman ratu Elizabeth II akan dilakukan. Dalam acara pemakaman kenegaraan tersebut, pihak Kerajaan Inggris telah mengundang para pemimpin dunia untuk menghadiri acara tersebut.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Salah satu yang diundang ke acara pemakaman kenegaraan ratu adalah Putra Mahkota Mohammed bin Salman (MBS), yang dikonfirmasi kehadirannya oleh Kerajaan Arab Saudi.

Namun, konfirmasi yang dilakukan kerajaan justru memicu perdebatan dan kritik di kalangan masyarakat Arab Saudi yang membela hak asasi manusia.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Pemakaman Ratu Elizabeth II

Photo :
  • (Yui Mok/PA via AP)

Melansir dari Middle East Monitor, Senin, 19 September 2022, ada yang mengatakan bahwa langkah yang diambil MBS membuka ulang luka lama atas catatan hak asasi manusia terkait pembunuhan Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi. MBS diduga sebagai dalang pembunuhan Khashoggi.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

MBS belum pernah ke Inggris sejak laporan CIA menyimpulkan bahwa dirinya telah mengizinkan pembunuhan Jurnalis Arab Saudi Jamal Khashoggi, di Istanbul pada 2018.

Ratu Elizabeth, Raja Inggris terlama yang menjabat, mangkat pada usia 96 tahun. Pemakamannya akan diadakan pada 19 september 2022, dan diharapkan menjadi salah satu acara internasional terbesar, yang diadakan di Inggris dalam beberapa dekade dengan ratusan pejabat yang diundang dari seluruh dunia.

Meski demikian, ada juga beberapa negara yang tidak diundang oleh Kerajaan Inggris untuk menghadiri pemakaman kenegaraan ratu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya