Pengamanan Ketat Pemakaman Ratu Elizabeth, 10 Ribu Polisi Dikerahkan

Pemakaman Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • (AP Photo/David Cliff, Pool)

VIVA Dunia – Peti mati Ratu Elizabeth II tiba di Westminster Abbey, pada Senin, 19 September 2022.  Raja Charles III, Permaisuri Camila, Pangeran William, Putri Kate Middleton, Pangeran Harry, Putri Meghan, Putri Anne, Pangeran Edward serta Pangeran Andrew juga turut mengiringi peti mati ratu dari belakang.

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Iring-iringan peti mati ratu dari Westminster Hall ke Westminster Abbey disertai dengan dentuman drum, dan musik penghormatan yang bergema di sepanjang jalan menuju tempat peristirahatan ratu untuk yang terakhir kalinya.

Ratusan ribu orang memadati pusat kota London untuk menyaksikan prosesi pemakaman Ratu Elizabeth. Ada ratusan raja, ratu, presiden, perdana menteri dan pemimpin lain dari seluruh dunia yang turut hadir.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Pemakaman Ratu Elizabeth II

Photo :
  • (Stuart C. Wilson/Pool Photo via AP)

Wakil Asisten Komisaris Polisi Metropolitan, Stuart Cundy, mengatakan operasi kepolisian yang sangat kompleks adalah yang terbesar dalam sejarah London.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

“Pemakaman kenegaraan hari Senin untuk Ratu Elizabeth II adalah tantangan keamanan yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Wali Kota London, Sadiq Khan, dilansir dari AP.

Lebih dari 10.000 petugas polisi bertugas pada Senin 19 September 2022, dan ditambah dengan 43 polisi Inggris Raya. Anjing pelacak juga diturunkan di jalan-jalan, petugas laut di Sungai Thames dan polisi berkuda.

Sebelumnya, sudah diperingatkan untuk tidak menerbangkan drone di atas pusat kota London. Tidak hanya itu, bandara udara tersibuk di Dunia, London Heathrow menghentikan sejumlah penerbangan sehingga tidak mengganggu pemakaman.  

Di sisi lain juga, besarnya jumlah orang yang diperkirakan akan berkumpul di sekitar Westminster menjadi tantangan tersendiri bagi pihak berwenang. Ratu Elizabeth II akan dimakamkan di Kapel St George di Kastil Windsor bersama suaminya Pangeran Philip, yang meninggal tahun lalu dalam usia 99 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya