Perhentian Terakhir Ratu Elizabeth di Kastil Windsor

Pemakaman Ratu Elizabeth II
Sumber :
  • (Yui Mok/PA via AP)

VIVA Dunia – Sepuluh hari berkabung publik setelah kematian Ratu Elizabeth II berakhir, pada Senin 19 September 2022 dengan proses pemakaman sehari penuh, yang dimulai di London dan berakhir di Windsor, di mana dia dimakamkan. 

Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II

Prosesi pemakaman Ratu Elizabeth II telah dimulai pada  pukul 11.00 waktu setempat dan berakhir dengan dimakamkannya Ratu Elizabeth di Kapel Memorial Raja George VI di Kastil Windsor pada pukul 19.00 waktu setempat atau Selasa 20 September 2022 pukul 01.00 WIB. Dia akan dimakamkan bersama mendiang suaminya, Pangeran Philip.

Melansir dari Time, Senin, pemakaman ini diadakan secara tertutup, dan hanya pihak keluarga kerajaan saja yang menghadirinya.

Range Rover EV Siap Meluncur, Fitur Berlimpah untuk Semua Medan Jalan

Peti mati Ratu Elizabeth.

Photo :
  • AP Photo/Emilio Morenatti.

Sebelumnya, dalam iring-iringan yang berlangsung kira-kira pukul 12.00 siang waktu setempat, peti mati ratu dibawa menuju Wellington Arch. Cucu dan anak ratu juga turut mengiringi dari belakang.

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

Keluarga kerajaan turut mengenakan pakaian militer, tetapi hanya Pangeran Andrew dan Pangeran Harry yang tidak mengenakan seragam militer. Pada acara tersebut juga pihak Kerajaan Inggris mengundang pemimpin dunia dan ratusan raja dan ratu dari seluruh dunia.

Mereka mengenakan pakaian hitam dan turut mengikuti prosesi ibadah yang diadakan di Westminster Abbey pada pukul 11.00 siang waktu Inggris.

Sebagai informasi, gereja Westminster Abbey membunyikan lonceng sebanyak 96 kali untuk menghormati kehidupan ratu. Iringan-iringan tersebut juga diikuti oleh 142 pengiring peti mati Kerajaan Inggris, dan peti mati ratu dibawa oleh kereta meriam sebelum dipindahkan ke mobil jenazah kerajaan.

Pemakaman Ratu Elizabeth II

Photo :
  • (Yui Mok/PA via AP)

Prosesi melalui jalan-jalan London, dan kemudian ke kediaman kerajaan di Windsor, juga akan berlangsung sampai Ratu Elizabeth II dimakamkan malam itu di Kapel St. George di halaman Kastil Windsor.

Senin adalah hari libur di seluruh Inggris, dengan banyak bisnis dan sekolah tutup sehingga warga dapat menonton siaran acara, yang dimulai pada pukul 4 pagi dan diperpanjang hingga pukul 19:30.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya