Tahun Ini, Sidang Umum PBB Digelar Normal seperti Sebelum Pandemi

Gedung PBB di New York, Amerika Serikat.
Sumber :
  • tvOne/ Yanri Subekti (Amerika Serikat)

VIVA Dunia – Agenda utama sidang Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) yaitu level high meeting digelar pekan ini. Kepala negara atau pemerintahan anggota PBB akan berpidato di depan majelis.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan

Salah satu kegiatan penting Sidang Majelis Umum PBB ke 77 yang dibuka 13 September 2022 lalu adalah high level week, yaitu pertemuan dan juga pidato dari kepala negara atau pemerintahan seluruh anggota PBB yang hadir di depan majelis.

High level week atau yang biasa dikenal dengan debat terbuka ini akan berlangsung pada 20 hingga 26 September 2022 mendatang.

Pelapor PBB Ungkap Serangkaian Kejahatan Perang di Gaza yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya

Ilustrasi Sidang Majelis Umum PBB

Photo :
  • VIVA/Yanri Subekti

Tahun ini, debat terbuka digelar sepenuhnya normal seperti sebelum pandemi COVID-19. Hampir dari seluruh kepala negara atau pemerintah dari 193 negara anggota PBB hadir secara fisik.

Meutya Hafid: Jika Resolusi DK PBB Tidak Dipedulikan Israel, PBB Harus Segera Bertindak

Presiden Joko Widodo tahun ini kembali tidak hadir secara fisik. Lantaran pandemi, dalam dua tahun terakhir ini, pidato dari kepala negara atau pemerintah anggota PBB tersebut disampaikan melalui daring, rekaman video, dimana Presiden Joko Widodo juga menyampaikan pidatonya.

Sejak menjabat Presiden RI, Joko Widodo belum pernah menghadiri secara langsung pertemuan terbesar dari seluruh anggota PBB yang selalu digelar di Kota New York.

Menlu Retno Marsudi saat press briefing Kemlu via Zoom Meeting

Photo :
  • VIVA/Natania Longdong

Pada masa periode pertama, Presiden Jokowi diwakili oleh Wakil Presiden saat itu Jusuf Kalla. Kemudian pada periode kedua, Presiden Jokowi tidak hadir langsung dan juga tidak mewakilkannnya kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Dalam kesempatan ini, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi direncanakan akan menyampaikan pidato mewakili Indonesia.

Tahun ini, pihak Sekretariat PBB tidak memperkenankan pidato disampaikan melalui daring, rekaman video.

Delegasi Indonesia, selain Menlu Retno, juga akan dihadiri sejumlah menteri RI lainnya, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Kemariitiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Beberapa isu penting yang akan dibahas dalam sidang tahunan terbesar PBB ini di antaranya terkait pandemi COVID-19, perang antara Rusia dan Ukraina, perubahan iklim yang semakin mencemaskan dan sejumlah isu global penting lainnya.

Tema Sidang Umum PBB ke 77 tahun ini adalah "A Watershed Moment: Transformative Solution to Interlocking Challenges".

Laporan Yanri Subekti (tvOne/ Amerika Serikat)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya